Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Nama Camat Palabuhanratu Dicatut, Tiga Lansia Kena Tipu

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Tiga lansia di Kampung Rancabungur RT 01/04, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi diduga menjadi korban penipuan. Modus pelaku dengan menghipnotis ketiganya serta memanfaatkan situasi yang terjadi saat ini. Serta mencatut nama Camat Palabuhanratu untuk menipu ketiga orang lansia tersebut.

Salah seorang korban, Tajudin (97 th), mengatakan, kejadian berawal pada Sabtu (4/4/20) sekitar pukul 12.00 Wib, dirinya kedatangan dua orang tidak dikenal dan menawarkan bantuan untuk mendapatkan uang Rp600 ribu dari Camat Palabuhanratu. Tak hanya itu, perhiasan istri Tajudin, yakni Aisyah (75 th) dan tetangganya, Nensih (60 th), ikut raib.

NENSIH. Foto : Sukabuminow

“Datang dua orang ke rumah saya dan ngajak ngobrol. Katanya ada santunan dari kantong pribadi pak camat. Saya juga sudah jelaskan, kalau saya sudah didata. Tapi mereka terus memaksa dan menyuruh kami untuk tidak berbicara perihal bantuan ini kepada warga lain,” terang Tajudin kepada Sukabuminow.com, Selasa (7/4/20).

Ia menjelaskan, eduanya sempat mengambil foto beberapa bagian rumah untuk dokumentasi. Dua orang itu juga meminta Aisyah dan Nensih untuk melepas perhiasan yang sedang dipakai.

“Mereka meminta perhiasan jangan dipakai karena akan disangka orang kaya katanya. Perhiasan itu disimpan di rak tv. Setelah itu, mereka mengajak kami bertemu pak camat yang katanya menunggu di jalan,” terangnya.

Ia menerangkan, situasi saat itu terburu-buru. Dirinya menyuruh Aisyah mengganti baju. Saat semua keluar rumah dan pintu dikunci, pasangan lansia tersebut sadar dan menyadari perhiasan yang disimpan di rak tv raib.

“Kedua orang itu jalan duluan. Dan saat kami ingat dengan perhiasan, mereka sudah menghilang,” ujarnya.

Sementara itu menurut korban lainnya, Nensih (60 th), perhiasan emas yang diambil oleh kedua orang tersebut sekitar 30 gram. Adapun rinciannya yakni tiga gelang dengan berat 15 gram, cincin, dan kalung dengan berat 15 gram.

“Dua orang itu kabur menggunakan motor,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close