Kabupaten Sukabumi

Mayoritas Lampu PJU Mati, Warga Minta Perbaikan

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Sejumlah lampu penerangan jalan umum (PJU) di ruas jalan nasional Palabuhanratu – Cisolok, Kabupaten Sukabumi dalam kondisi tidak menyala.

Pantauan di lapangan, mulai dari pusat Kota Palabuhanratu hingga perbatasan Lebak, Banten, yakni Cibareno, Kecamatan Cisolok, mayoritas lampu PJU dalam keadaan mati.

“Sudah lama seperti ini (PJU mati). Yang menyala hanya sedikit. Padahal sangat dibutuhkan saat malam,” ujar salah seorang pengguna jalan, Dulmanaf (41 th), Selasa (25/2/20).

Kondisi tersebut sangat berbahaya bagi pengguna jalan. Lebih memalukan, sebab Palabuhanratu hingga Cisolok dikenal sebagai tujuan favorit para wisatawan karena terdapat banyak spot wisata.

“Pengendara yang tidak tahu medan jalan akan rentan celaka saat berkendara malam dengan kondisi seperti ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Damar Rizky (32 th), warga Cikakak, menambahkan, keberadaan lampu PJU di sepanjang jalan tersebut sangat krusial. Terlebih di musim penghujan seperti ini.

“Selain mati, ada juga tiang lampu PJU yang miring. Contohnya di Muara Citepus. Perlu langkah konkrit dari dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan. Kalau dibiarkan, akan sangat membahayakan bagi pengguna jalan raya,” timpalnya.

Berdasarkan pengamatannya, dalam beberapa bulan terakhir tidak terlihat peran inisiatif dan responsif dari dinas terkait untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Apa karena tidak ada anggaran untuk memperbaikinya, atau akibat tumpang tindih kewenangan dinas kabupaten, provinsi, maupun pusat. Tapi seharusnya ada langkah cepat tanggap. Karena kondisi ini sudah lama terjadi,” jelasnya.

“Saya sebagai warga dan pengguna jalan, berharap dinas terkait memasang nomor yang bisa dihubungi di tiang PJU. Jika sewaktu-waktu lampu bermasalah, masyarakat bisa berpartisipasi aktif,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close