AdvertorialKabupaten SukabumiParlemen

Makna Kemerdekaan RI Ke-75, Ini Kata Sodikin

Reporter : Ceppy ST

Sukabuminow.com || Peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-75 tahun 2020 dilakukan secara sederhana. Hal itu diakibatkan masih merebaknya wabah Covid-19. Namun, peringatan sederhana tersebut tidak mengurangi makna yang ada.

 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, M Sodikin, mengatakan, Indonesia saat ini tengah diuji dengan wabah Covid-19. Namun, HUT RI ke-75 yang mengambil tema Indonesia Maju, merupakan sebuah kalimat yang mengandung gelora dalam menantang dan mengundang semua pihak untuk berpikir lebih maju, dengan menciptakan inovasi-inovasi dan memperjuangkan berbagai hal termasuk kemajuan pembangunan secara menyeluruh.

“Makna kemerdekaan yang sesungguhnya menurut saya, kita sebagai bangsa ketika sudah sepakat dengan Pancasila sebagai dasar negara tentu semua harus mengacu ke situ. Makna yang paling prinsip menurut saya adalah kebebasan umat beragama untuk menunaikan kepercayaannya masing-masing sesuai dengan kaidah pancasila sila ke-1,” terang Politisi PKS itu, Senin (17/8/20).

Ia menegaskan, makna kemerdekaan juga bisa dimaknai sebagai kebebasan mengemukakan pendapat namun dalam tataran yang konstruktif. Kemudian dengan mengemukakan pendapat itu, lanjutnya, ada kedaulatan rakyat yang berbasis moral.

“Nah menurut saya, hal-hal penting tersebut yang kelihatannya perlu ditonjolkan dalam konteks saat ini,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Related Articles

Close
Close