Kabupaten Sukabumi

Liga Jurnalis Sukabumi Minta Raperda KIP Kabupaten Sukabumi Dihapus

Sukabuminow.com || Ratusan pewarta. Yang tergabung dalam Liga Jurnalis Sukabumi. Menggelar aksi. Di depan Gedung Negara Pendopo Kabupaten Sukabumi. Yang berada di wilayah Kota Sukabumi. Kamis (11/7/19).

Para kuli tinta itu menyoal Rancangan Peraturan Daerah : Raperda Keterbukaan Informasi Publik : KIP kabupaten Sukabumi. Yang penuh kontradiktif dengan Undang-Undang No 40 Tahun 1999. Tentang Kebebasan Pers. Dan Undang-Undang No 2 Tahun 2017. Tentang perubahan atas Undang-Undang No 17 Tahun 2013. Tentang Organisasi Kemasyarakatan.

“Intinya. Raperda KIP Pasal 15. Adalah pengekangan terhadap kebebasan jurnalis. Oleh karena itu. Liga Jurnalis Sukabumi menuntut. Agar Raperda itu dihapus,” ungkap Ahmad Fikri. Koordinator aksi.

Baca Juga :

Para jurnalis juga mempertanyakan naskah akademisi. Dan verifikasi dari tiap pasal yang dilakukan oleh Kepala Bagian : Kabag Hukum. Apakah itu melalui trek yang benar. Sesuai dengan undang-undang dalam pembuatan Raperda. Atau hanya dibaca dan disahkan saja.

“Kita menuntut Pemda dan DPRD. Untuk menghapus Raperda tersebut. Kami juga meminta transparansi anggaran pembuatan Raperda. Dan meminta bupati. Untuk mengkaji pejabat dinas. Yang membuat Raperda tersebut. Kita berikan waktu satu minggu. Jika tidak. Kami akan aksi lagi. Dan melakukan tuntutan secara hukum,” pungkasnya. (R Tanjung)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Inline
Inline