AdvertorialKabupaten SukabumiPariwisata

Libur Nataru, Yuk Ke Sukabumi!

Sukabuminow.com || Wilayah selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, kerap menjadi destinasi wisata musim liburan. Potensi pariwisata yang dimiliki kerap menjadi candu bagi para pelancong yang ingin menikmati alam dan melepas penat.

Alam yang dimiliki dapat dikatakan lengkap. Pantai mendominasi keindahan wilayah Selatan Sukabumi, selain gunung dan rimba serta sungai tentunya. Tak ketinggalan, air terjun serta seni dan budaya juga melengkapi keindahan tersebut. Semua diikat menjadi satu kesatuan kawasan, Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

Baca Juga :

Namun, sejumlah hal yang tidak mengenakan kerap mewarnai setiap musim liburan. Harga makanan yang tidak wajar, hingga pungutan liar parkir selalu menjadi isu yang mencoreng nama baik wisata Kabupaten Sukabumi. Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Sigit Widarmadi, berbagi tips.

“Jangan ragu untuk menanyakan harga terlebih dahulu sebelum membeli makanan dan juga parkir di satu tempat. Jadi kita akan tahu di awal terkait harga. Jika tidak sesuai atau terlalu mahal, lebih baik pindah,” ucap Sigit, Sabtu (16/12/23).

Sigit menegaskan, pihaknya telah melakukan pembenahan terkait hal itu. Pihaknya terus melakukan pembinaan terhadap para pelaku dunia wisata untuk merubah mindset untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan.

“Kami mewajibkan para pedagang untuk memasang harga-harga makanan di warung mereka. Sehingga wisatawan bisa melihat langsung transparansi harga di situ. Jadi tidak akan ada istilah wisatawan digetok harga atau gimana,” ungkapnya.

Sementara itu terkait pungutan liar, Sigit mengaku telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terutama Saber Pungli untuk menindak tegas jika hal itu terjadi.

“Kami harap tidak ada lagi hal-hal seperti itu. Sehingga dunia pariwisata kita bisa memberi kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan di setiap musim liburan termasuk Natal 2023 dan tahun baru 2024 ini,” pungkasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button