AdvertorialKabupaten SukabumiParlemenPemerintahan

Kran Pembentukan DOB KSU Kembali Dibuka, PKS : Kita Lanjutkan Perjuangan

Reporter : Ridwan HMS

Sukabuminow.com || Pemerintah RI kembali membuka kran untuk pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB). Hal itu disambut baik Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kabupaten Sukabumi.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi PKS, M Sodikin, mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi dibukanya kran tersebut oleh Presiden Joko Widodo.

M Sodikin. Foto : Sukabuminow

“Tentu ini harus segera di follow up. Langkah nyata diambil sekarang. Berupa dukungan dari DPRD dan Pemerintah Kabupaten Sukabumi terhadap apa yang sudah diamanatkan oleh Bapak Presiden,” terang Sodikin usai Rapat Paripurna. Di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Sukabumi. Senin (30/12/19).

Baca Juga :

Sodikin menjelaskan, dukungan terhadap amanat Presiden tersebut, ditandatangani oleh Pimpinan DPRD dan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Baginya, perjuangan panjang mendukung pembentukan DOB Kabupaten Sukabumi Utara (KSU), harus dilanjutkan dan terus diperjuangkan.

PENANDATANGANAN naskah dukungan pemekaran DOB KSU oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Sukabumi dalam Rapat Paripurna. Foto : Sukabumi

“Perjuangan ini sudah dilakukan cukup panjang oleh para pejuang sebelumnya. Semoga dengan ditandatanganinya dukungan hari ini, pembahasan untuk DOB bisa segera dilanjutkan. Prosesnya berjalan mulus dan cepat, tidak begitu mendapatkan kendala seperti yang lalu,” paparnya.

Ia menyebut, pembahasan DOB KSU membutuhkan peran eksekutif dan legislatif. Sehingga draf bahasan akan dibahas secara bersama-sama.

“Iya, tugas kita bersama. Terutama terkait dengan review administrasi karena mungkin ada update. Dulu memang datanya sudah masuk, tapi kan perlu diupdate lagi. Pembahasan nanti bisa dilakukan oleh Komisi I atau Panitia Khusus (Pansus). Intinya, kolaborasi antara DPRD dengan Pemkab Sukabumi,” ujarnya.

“Pembahasannya di Badan Musyawarah (Banmus) dulu. Karena segala kegiatan DPRD harus melalui Banmus. Setelah paripurna ini, kita akan ada jadwal dari Banmus. Di jadwal Banmus ini akan disepakati, apakah oleh Pansus atau oleh Komisi I,” sambungnya.

Sedangkan untuk prosesnya, Sodikin menegaskan, akan sangat tergantung pada kelengkapan yang ada. Sehingga dibutuhkan pemeriksaan kekurangan yang harus dilengkapi.

“Kalau memang kelengkapannya sudah hampir final, berarti tidak banyak yang harus dikerjakan. PKS tetap konsisten, akan mensupport agar agenda ini benar-benar bisa terlaksana dan bermanfaat untuk masyarakat Sukabumi,” terangnya.

“Perjuangan PKS dari awal sudah jelas konsisten. Sejak saat Gubernur masih Pak Ahmad Heryawan. Kita lanjutkan sekarang,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close