AdvertorialDesakuKabupaten SukabumiParlemen

Kisruh Pilkades Serentak Kabupaten Sukabumi, Komisi I Sebut Panitia Kurang Sosialisasi

Sukabuminow.com || Belasan Bakal Calon Kepala Desa : Balon Kades. Dari 2 Daerah Pemilihan : Dapil : II dan VI. Yang tidak lolos uji kompetensi : Ujikom. Mendatangi DPRD Kabupaten Sukabumi. Untuk mengadukan nasibnya. Senin (28/10/19).

Kedatangan para Balon Kades, disambut Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi. Untuk beraudiensi di Ruang Rapat Komisi IV. Lantai 2 Gedung DPRD. Komplek Perkantoran Jajaway Palabuhanratu.

“Kami menyerap aspirasi. Dari saudara-saudara kami. Balon Kades yang gagal dalam Ujikom. Mereka menduga ada kecurangan dari panitia. Sehingga mengadukan hal itu kepada kami,” tutur Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi : Paoji. Saat dikonfirmasi usai audiensi.

Baca Juga :

Politisi PDI Perjuangan tersebut. Menjelaskan para Balon Kades menemui banyak kejanggalan. Dalam Ujikom. Baik tertulis maupun wawancara atau interview. Sebab, pertanyaan yang diberikan panitia tidak ada kaitannya dengan pemerintahan desa.

“Ada juga yang mengadu kepada kami. Bahwa sebelumnya telah menerima surat pernyataan lolos Ujikom. Tapi selang beberapa hari, ada lagi surat yang menyatakan tidak lolos. Kemudian juga ada nilai yang kosong dari hasil Ujikom. Tapi setelah dikonfirmasi ke DPMD dan STISIP tiba-tiba ada nilai. Ini yang perlu kami pertanyakan,” tegas Paoji.

Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Komisi I akan segera memanggil dan panitia Pilkades tingkat desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa : DPMD, hingga pihak STISIP.

“Masalah ini, kami juga tidak mengerti. Makanya, kami akan dorong penyelesaiannya,” ujarnya.

Dewan asal Dapil V itu, tak ragu menyebut pihak panitia. Baik tingkat desa hingga kini kurang dalam hal sosialisasi. Sehingga permasalahan seperti ini muncul.

“Segera kita akan cari win-win solution,” pungkasnya. (Asdut)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button