Kabupaten Sukabumi

Keren, Mural Indah Hiasi Tembok Belakang Setda Kabupaten Sukabumi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Mural adalah cara menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok atau permukaan luas yang bersifat permanen lainnya. Seni tersebut telah menyebar hingga ke berbagai pelosok daerah bahkan Palabuhanratu.

Kreativitas anak Palabuhanratu bahkan terlihat di Jalan Pangsor Lio tepat di belakang Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi. Dinding tembok Setda yang semula kosong tanpa apapun, kini disulap dengan gambar-gambar kreatif yang membuat siapapun berdecak kagum.

“Awalnya temboknya kotor dan berlumut. Saya dan teman-teman berinisiatif membuat lukisan di dinding ini,” tutur penggagas Mural di tempat tersebut, Heri (40 th), Selasa (17/3/20).

Pria yang karib disapa Otoy, warga Kampung Cempaka Putih, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu itu, mengatakan, ia dan rekan-rekannya berembuk untuk menentukan gambar apa yang akan dibuat. Dirinya tak memungkiri, tidak memiliki izin untuk membuat Mural di tempat itu.

“Kami memang belum meminta izin. Tapi, tujuan kami bukan merusak. Hanya membuat karya yang ingin memperindah tembok ini,” ujarnya.

“Kami hanya ingin mencegah tangan-tangan jahil yang mungkin saja merusak keindahan tembok ini dengan dicorat-coret. Kalau seperti ini, kami yakin mereka tidak akan berani merusak keindahan tembok ini,” imbuhnya.

Kabar tembok belakang Setda yang dipenuhi Mural indah dan menawan, sampai hingga ke telinga Kepala Bagian Umum Setda Kabupaten Sukabumi, Tri Romadhono. Meski belum melihat secara langsung, namun Tri mengaku sangat mengapresiasi kreativitas pemuda sekitar.

“Kami mengapresiasi temen-temen pemuda sekitar Setda. Mereka telah ikut berperanserta menjaga kerapian, ketertiban, dan keindahan lingkungan. Nanti saya akan lihat langsung,” tandas Tri saat dihubungi Sukabuminow.com melalui WhatsApp, Selasa (17/3/20).

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close