Kabupaten SukabumiKesehatan

Kejar Target UHC, Dinkes Genjot Jumlah Peserta JKN KIS

Sukabuminow.com || Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, gencar menggenjot jumlah kepesertaan JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat). Hal itu diakui Andi Rahman, Plt. Kepala Seksi Rujukan, Jumat (26/10/18).

“Harus terus bertambah sesuai target yakni 95 persen UHC (Universal Health Coverage),” terangnya.

UHC, katanya, merupakan suatu konsep reformasi pelayanan kesehatan yang mencakup beberapa aspek. Di antaranya aksesibilitas dan equitas pelayanan kesehatan dan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan komprehensif yang meliputi pelayanan preventif, promotif, curatif, sampai rehabilitatif. Itu sesuai dengan program tahun depan yang berlandaskan pada Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.

“Masih ada 377 ribu masyarakat di Kabupaten Sukabumi yang belum ter-cover jaminan kesehatan apapun. Jumlah itu yang terus kami kejar untuk mencapai 95 persen UHC,” papar mantan Kepala Puskesmas Citarik itu.

Baca Juga:

Andi melanjutkan, hingga Desember 2017 lalu, masyarakat yang telah dikonversi masuk dalam JKN KIS berjumlah 156 ribu jiwa. Sedangkan yang diajukan dari Januari hingga September 2018 berjumlah 7.164 jiwa. Sedangkan proses konversi sisanya akan dilakukan secara berkala.

“Intinya Kabupaten Sukabumi sudah harus UHC. Sehingga tidak ada jaminan kesehatan lain selain JKN yang leading sektornya adalah BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan. Dan preminya sendiri akan ditanggung oleh Pemda,” pungkasnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana

 

 

Tags

Related Articles

Close
Close