AdvertorialKabupaten Sukabumi

Kecamatan Parakansalak Semakin Semarak

Reporter : Mulya H

Sukabuminow.com II Berbicara tentang Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, pasti akan selalu tertuju pada kelebihan wilayah yang kaya dengan potensi ekonomi, pertanian, dan sumber daya alam. Kecamatan Parakansalak memiliki enam desa, di antaranya Bojongasih, Bojonglongok, Lebaksari, Parakansalak, Sukakersa, dan Desa Sukatani. Dengan luas wilayah mencapai 6.426,68 hektare dan penduduk sebanyak 41.360 jiwa.

Sejak lama, Parakansalak dikenal sebagai pusat industri rumahan dan tempat berkembangnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memproduksi bola sepak, bola voli, dan bola futsal, yang pemasarannya sudah menembus pasar nasional. Kecamatan yang terletak di kaki Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), dikenal juga sebagai penghasil aneka kuliner. Seperti keripik jamur, keripik pisang, dan keripik singkong. Selain itu, terdapat juga kerajinan ijuk di Desa Sukatani.

“Di wilayah kami, industri kuliner cukup berkembang. Karena sebagian besar penduduk kami berprofesi sebagai petani dan pekebun. Namun, sebagian lahan Kecamatan Parakansalak masuk ke dalam areal perkebunan PTPN VIII.” tutur Camat Parakansalak, Royani kepada Sukabuminow.com.  Kamis (19/12/2019).

Di Desa Parakansalak, terdapat dua destinasi wisata yang cukup terkenal. Yakni Curug Sawer, yang dikelola swasta. Dan Situ Sukarame yang berada di kawasan PTPN VIII. Pengelolaan Curug Sawer telah menghasilkan kontribusi bagi daerah, berupa Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk Pemkab Sukabumi. Bahkan saat ini, di dekat Situ Sukarame sedang dibangun tempat wisata kolam renang yang dikelola oleh swasta. Proses perizinannya teah mencapai 90 persen.

“Kami yakin, destinasi wisata ini dapat menarik minat wisatawan dari luar daerah,” ujar Royani.

Kecamatan Parakansalak konsisten mendorong terwujudnya objek wisata air panas di kawasan TNGHS. Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi telah melakukan studi kelayakan, untuk pembangunan destinasi wisata tersebut. Selain itu, telah dilakukan pertemuan yang melibatkan konsultan dan desa.

“Semoga dapat terjalin sinergitas dengan TNGHS. Sebagai wujud dari keterlibatan Pentahelix dalam perencanaan dan kegiatan pembangunan,” imbuhnya dengan nada optimis.

Royani mengaku, akan membangun ruang publik berupa lapangan sepak bola, jalur jogging track, alun-alun, dan kantor bersama organisasi keagamaan. Hingga kini, Kecamatan Parakansalak belum memiliki ruang dan fasilitas publik tersebut. Fasilitas lapangan sepak bola tersebut akan dikembangkan menjadi bangunan berskala nasional yang dilengkapi podium, jogging track, lapang voli, dan ruang publik untuk sarana olahraga dan rekreasi bagi warga.

“Di ruang publik itu, masyarakat bisa berolahraga atau berinteraksi dengan sesama warga Kecamatan Parakansalak. Sehatnya dapat, bugarnya dapat, siaturahmi antarwarga terjaga.” Jelasnya.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, pihaknya akan bekerja sama dengan PTPN VIII dengan pola take and give. Hanya saja, belum ditindaklanjuti dengan surat perjanjian kerja sama. Royani berharap, Pemkab Sukabumi dapat mendorong terwujudnya kerja sama itu. Sehingga pembangunan fasilitas publik bukan hanya wacana. Ia pun meminta dukungan finansial untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Pembangunan di areal perkebunan ada ketentuannya. Jangan sampai kontraproduktif dengan peraturan yang ada. Kami akan minta difasilitasi oleh Pemkab kepada Bagian Hukum untuk mempelajari dan melengkapi aspek legalnya. Kami sudah menginformasikan rencana ini kepada Pak Bupati. Alhamdulillah, tanggapan beliau sangat bagus. Pak Bupati memberikan perhatian khusus pada kemajuan Parakansalak,” beber Royani.

Ia mengaku yakin, bupati akan merespon permintaannya. Sebab selama ini, perhatian Bupati Sukabumi, Marwan Hamami terhadap Kecamatan Parakansalak sangat tinggi. Ha itu terbukti dengan seringnya bupati berkunjung.

“Event rutin mancing mania di Situ Sukarame juga Pak Bupati yang meresmikan. Kami optimis, Parakansalak akan berkembang dan maju menjadi lebih baik,” tandasnya. (DKIP)

Editor : Andra Permana II Email Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close