Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Kasus Perzinaan Oknum Kades Ketuk Palu, Ini Vonisnya

Sukabuminow.com || Kepala Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten, Y, divonis dua bulan penjara atas kasus perzinaan yang menjeratnya. Vonis majelis hakim dijatuhkan dan ditetapkan dalam persidangan tertutup di Pengadilan Negeri (PN) Cibadak, Rabu (31/1/24).

Y divonis dua bulan penjara setelah terbukti bersalah dalam persidangan yang digelar tertutup itu. Vonis tersebut lebih ringan darin tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni empat bulan penjara pada sidang Rabu (17/1/24) lalu.

Baca Juga :

“Tentunya itu kan ada pertimbangan dari majelis hakim sendiri, saya tidak bisa mengomentari pertimbangan dari majelis hakim,” tutur Ketua PN Cibadak, Mahendrasmara Purnamajati, usai persidangan.

Ia menjelaskan, berdasarkan fakta hukum dan keterangan saksi serta ahli, kasus perzinaan antara Y dan perempuan berinisial E itu terbukti. Sehingga pasal dan dakwaan yang ditujukan kepada Y terpenuhi unsur-unsurnya.

“Mendapat vonis dua bulan, selama ini kan pemotongan masa tahanan itu kalau ditahan dikurangi masa penahanan kalau ini kan engak pernah di tahan sebelumnya. Kalau masalah tuntutan empat bulan diputus dua bulan tentunya ada hal-hal yang meringankan menurut majelis hakim ya,” terangnya.

Menurut Hendra, semua unsur dalam kasus perzinaan itu telah terpenuhi. Untuk selanjutnya dalam amar putusan, pengadilan sudah memerintahkan terdakwa untuk ditahan.

“Kalau di amarnya sendiri ada perintah penahanan kalau masalah pelaksanaan penahanan bukan di kami namun jaksa selaku eksekutor. Ataupun mengingat juga nanti ada barangkali ada upaya hukum yang dilakukan oleh terdakwa itu sendiri,” jelasnya.

“Ada tenggang waktu tujuh hari untuk berpikir bagi terdakwa, apakah menerima atau melakukan upaya hukum. Tentunya kalau untuk ini kan ancamannya sembilan bulan jadi upaya hukum sampai di tingkat banding,” ujarnya.

Kasus perzinaan ini sempat membuat heboh tahun lalu. Bermula dari kabar penggerebekan seorang suami terhadap istrinya di sebuah villa di kawasan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button