Kabupaten SukabumiPariwisata

Jalin Kerja Sama, Kodim 0622 – GISBH Palabuhanratu Kompak Pasarkan Produk UMKM

Sukabuminow.com || Beragam produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) wilayah IV dan Pajampangan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, ‘mejeng’ di mini bar Grand Inna Samudera Beach Hotel (GISBH) Palabuhanratu. Selain makanan, kerajinan tangan juga terlihat di tempat tersebut.

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan GISBH Palabuhanratu untuk membantu pemasaran UMKM Kabupaten Sukabumi.

“Ada aneka makanan, kemudian ada kerajinan tangan seperti gelas bambu, tumbler bambu, lampu hias dari limbah bahan bekas, dan ragam jenis kerajinan lainnya. Ini bisa menjadi souvenir atau oleh-oleh bagi para pengunjung hotel. Mereka beli di sini kemudian dibawa pulang. Tentu itu akan menambah pemasukan untuk para pelaku UMKM,” tutur Anjar, Senin (11/9/23).

Palabuhanratu, Simpenan, Bantargadung, Cisolok, Cikakak, Warungkiara dan wilayah Pajampangan, di pajang di mini bar Hotel SBH Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (11/9/23).

Anjar menjelaskan, pemasaran produk UMKM di GISBH Palabuhanratu diharapkan dapat meningkatkan pangsa pasar dan perkonomian para pelaku UMKM Kabupaten Sukabumi. Ia juga berharap, kunjungan wisatawan terus meningkat.

“Harapan ked epan tentunya dengan hal ini ini bisa mengangkat pelaku UMKM. Bukan hanya pariwisata namun perekonomian secara otomatis meningkat,” jelasnya.

“Tentunya kami menargetkan semua, mungkin untuk sasarannya para turis ataupun wisatawan yang ada di sini (Hotel SBH). Mungkin yang memerlukan camilan dan sebagainya ada di sini. Kemudian juga untuk handycraft kita mengambil beberapa dari pengrajin yang ada di Sukabumi dan Cisolok maupun dari Palabuhanratu,” sambungnya.

Di tempat sama General Manager GISBH Palabuhanratu, Reza Bram Adiguna mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi. Pihaknya menyediakan tempat strategis untuk memasarkan produk UMKM tersebut.

“Kami punya kesepahaman untuk mengangkat produk UMKM ini agar lebih dikenal. Kita ini tempat wisata, pasti memiliki ciri khas produk-produk UMKM yang memang menjadi pendamping dari pariwisata itu sendiri,” jelasnya.

Berangkat dari kondisi itu, kata Reza, pihaknya langsung gerak cepat bekerja sama dengan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi untuk memasarkan produk UMKM di GISBH Palabuhanratu sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Sukabumi.

“Dari kita yang lakukan ini, kami berharap orang tahu produk kita, tahu makanan kita, dan akhirnya tahu kota kita, sehingga akan kembali lagi. Dan pada akhirnya bisnis ataupun ekonomi Kabupaten Sukabumi bisa lebih maju lagi. Itu tujuan utamanya,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button