AdvertorialKabupaten SukabumiKesehatan

Jadi Rujukan Thalassemia, Dinkes Jabar Tinjau RSUD Palabuhanratu

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || RSUD Palabuhanratu ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan penyakit Thalasemia. Perjanjian kerja sama telah ditandatangani oleh Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, dr R Nina Susana Dewi dengan Direktur RSUD Palabuhanratu, dr Damayanti Pramasari di RSUD Palabuhanratu, Jumat (6/8/21).

“RSUD Palabuhanratu ini ditunjuk oleh Dinkes Jabar sebagai tempat rujukan Thalasemia. Kami juga sudah melakukan peninjauan lab uji klinis-nya,” terang Nina, yang baru sebulan dilantik sebagai Kepala Dinkes Jabar.

Ia menjelaskan, deteksi dini penyakit Thalasemia merupakan program nasional yang harus disukseskan bersama. Selain menandatangani kerja sama dan meninjau lab, Dinkes Jabar juga melakukan diskusi dan koordinasi dengan jajaran dokter di RSUD Palabuhanratu. Dimana saat ini, terdapat 120 pasien Thalasemia yang dirawat di rumah sakit yang didirikan oleh dr Asmardin tersebut.

“Hasil peninjauan lab uji klinis ini akan kami laporkan ke Kementrian Kesehatan. Ada beberapa parameter yang harus kita lakukan terhadap orang-orang yang memiliki penyakit Thalasemia” jelasnya.

Sementara itu Direktur RSUD Palabuhanratu, dr Damayanti Pramasari mengatakan, pihaknya siap mengemban tugas yang diberikan Dinkes Jabar untuk program nasional sebagai tempat rujukan dan pendeteksi dini pasien Thalasemia.

“Kita sudah berkoordinasi dengan instalasi laboratorium. Kemarin sudah datang alat untuk pemeriksaan Thalasemia. Kesiapan dari teman-teman unit Thalasemia juga diperhatikan. Kami siap menyukseskan program nasional ini,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close