Kabupaten Sukabumi

Isi Materi Wasbang, Witono : Kami Kenalkan Pancasila dan UUD ’45

Reporter : Dena

Sukabuminow.com || Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara menjadi salah satu materi pembangunan sasaran non fisik dalam TNI Manunggal Membangun (Desa TMMD) Ke-108 Kalibunder tahun 2020.

Perwira Seksie Teritorial Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Kapten Arm Witono, mengatakan, Wasbang dan Bela Negara harus ditanamkan sejak dini untuk mengingatkan dan memupuk jiwa patriot generasi muda bangsa Indonesia.

“Wasbang perlu ditumbuhkembangkan ke seluruh elemen terutama generasi muda. Itu bertujuan untuk menumbuhkan nasionalisme, patriotisme jiwa kebangsaan dan cita tanah air, yang sudah mulai luntur akibat perkembangan zaman, teknologi, moderenisasi, serta budaya asing yang menghancurkan budaya bangsa Indonesia,” ujar Witono usai mengisi materi Wasbang dan Bela Negara di Gedung SMAN 1 Kalibunder.

Ia menyebut, generasi muda merupakan calon pemimpin masa depan yang akan meneruskan perjalanan bangsa dan negara ini. Maka dari itu, Wasbang dan Bela Negara perlu ditanamkan sedini mungkin, agar para generasi muda mengenal jati diri bangsa Indonesia.

“Jati diri bangsa Indonesia terletak pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan undang-undang Dasar 1945. Jika itu tidak dikenali, bagaimana generasi muda bangsa memimpin negara ini?,” ujarnya.

“Poin utamanya adalah mengenali norma-norma Pancasila dan UUD ’45. Semoga semuanya menjadi generasi muda yang tumbuh dan berkembang berdasarkan landasan undang-undang. Sehingga negara ini memiliki penerus yang berjiwa nasionalisme dan patriotisme,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close