Kabupaten Sukabumi

Investigasi Potensi Kecelakaan KNKT, Jalur Cikidang Jadi Sampel

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Jalur Cikidang, Kabupaten Sukabumi terkenal sebagai jalur ekstrem yang kerap menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Atas dasar itu, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) RI memilih jalur tersebut sebagai sampel rekayasa dan investigasi potensi kecelakaan. Kegiatan tersebut dilakukan Rabu (9/6/21).

Kanit Dikyasa Polres Sukabumi, Aipda Wangsit Wibowo mengatakan, hasil dari sampel rekayasa dan investigasi potensi kecelakaan tersebut nantinya akan dijadikan KNKT sebagai pedoman bagi perusahaan otomotif dalam memproduksi motor metik yang sesuai dengan geografis Indonesia.

“Jadi intinya KNKT survey tentang kendaraan metik di wilayah pegunungan. Efektif atau tidak di wilayah pegunungan itu. Terutama untuk sistem pengereman motor metik apakah bisa berfungsi dengan baik saat melintas di jalan menurun, dan lainnya,” jelasnya, Kamis (10/6/21).

Ia menjelaskan, KNKT masih melakukan survey bersama instansi terkait. Sebab ketika terjadi banyak kecelakaan, KNKT akan memanggil perusahaan produsen sepeda motor agar menyesuaikan pembuatannya untuk jalan menurun atau menanjak.

“Jadi jika banyak terjadi kecelakaan terkait motor metik, pihak KNKT akan memanggil agen tunggal pemilik merek (ATPM) untuk mencari data apakah motor metik sudah sesuai atau tidak di jalan pegunungan atau di jalan banyak tanjakan atau turunannya,” terangnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close