AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Incinerator, Solusi Penumpukan Sampah?

Reporter : Mulya H

Sukabuminow.com || Kabupaten Sukabumi telah memiliki alat pengurai sampah terpadu yang disebut Incinerator. Alat tersebut merupakan CSR dari PT Siam Cement Group (SCG) kepada Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh. Penggunaan alat tersebut telah diresmikan oleh Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri, Selasa (27/7/21).

“Ini sebagai pilot project. Teknologi ini bisa disebarkan ke seluruh desa. Kami (Pemkab Sukabumi) akan mendukung program ini melalui Dinas Lingkungan Hidup. Sehingga nantinya tidak terjadi penumpukan sampah di tempat pembuangan,” terang Iyos.

Dalam kesempatan itu, Iyos menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam hal pengelolaan sampah.

“Program seperti ini sangat baik dan harus ditingkatkan. Idealnya satu desa satu Incinerator. Manfaatnya di samping lingkungannya bersih juga bisa menghasilkan pupuk organik yang bermanfaat bagi pertanian. Dan pada akhirnya bisa menyejahterakan masyarakat,” jelas mantan Sekda itu.

Di tempat sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina menyampaikan, Incinerator merupakan alat yang sudah ter-registrasi ramah lingkungan. Sehingga dapat mengurai sampah domestik secara ramah dan sudah melalui baku mutu udara.

“Kedepan seluruh desa bisa mempunyai Incinerator untuk mengurangi sampah yang menjadi beban bagi kita. Sehingga bisa mendorong terciptanya lingkungan yang lebih bersih,” ucapnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close