Kabupaten SukabumiKomunitas

HSN di Sukabumi Meriah

Sukabuminow.com || Peringatan HSN (Hari Santri Nasional) tingkat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (22/10/18), di Alun-alun Palabuhanratu, berlangsung meriah.

Kegiatan yang bertepatan dengan 13 Safar 1440 Hijriah tersebut diikuti ribuan santri dari seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Euforia kegiatan ini adalah refleksi jihad para nahdliyin. Hari ini kami berkumpul di Alun-alun Palabuhanratu untuk berdoa bersama untuk kebangkitan seluruh ulama terlebih NU (Nahdlatul Ulama),” tutur H Ridwan Subagja, Wakil Ketua PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Kabupaten Sukabumi.

Ia mengaku sangat bersyukur karena pemerintah telah menetapkan 22 Oktober 2018 sebagai Hari Santri Nasional yang tahun ini memasuki tahun ke-5.

“22 Oktober adalah resolusi jihad bagi kami. Dimana semangat jihad para ulama kembali bangkit,” ucapnya.

Baca Juga :

Reni Marlinawati, Anggota Komisi X DPR RI, tak mampu menyembunyikan rasa bangganya terhadap para santri di Kabupaten Sukabumi yang sangat antusias dalam HSN ke-5 ini. Apalagi diperkirakan jumlah santri yang hadir mencapai 10 ribu.

“Santri ini merupakan pelaku sekaligus saksi sejarah Indonesia. Santri memiliki peran penting dan strategis dalam perjalan Republik ini,” paparnya.

Reni mengungkapkan, sejak tahun 2011 dirinya mengusulkan pesantren dan pendidikan agama memiliki aturan khusus dalam sistem pendidikan nasional. Usulan itu saat ini telah membuahkan hasil.

“Pekan lalu RUU (Rancangan Undang-undang) itu sudah disahkan menjadi UU (Undang-undang). Mohon doa agar segera dibahas dan nantinya akan menjadi dasar untuk melindungi dan mengatur peran serta negara kepada santri,” imbuhnya. (Yadi)

Editor : Andra Permana

Tags

Related Articles

Close
Close