Kabupaten SukabumiKesehatan

Gerbang Desinfektan Otomatis di Cisolok

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Kehadiran wabah Corona Virus Disease (Covid-19), telah memaksa seluruh manusia untuk lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan diri serta lingkungan. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang berasal dari Kota Wuhan Tiongkok itu.

Di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, pemerintah setempat berinovasi untuk mencegah penyebaran Corona. Yakni dengan membuat gerbang desinfektan otomatis di jalan masuk menuju pemukiman warga.

“Gerbang otomatis dipasang di pemukiman yang memang memiliki gerbang masuk. Saat ini, kami pasang di Kampung Cisolok, Desa/ Kecamatan Cisolok. Lokasinya berdekatan dengan Pasar Cisolok yang setiap harinselalu dilewati masyarakat,” tutur Camat Cisolok, Kurnia Lismana, Sabtu (28/3/20).

Ia menjelaskan, cara kerja gerbang desinfektan otomatis sesuai dengan namanya. Sehingga saat ada warga yang melewatinya, cairan desinfektan akan keluar dengan sendirinya dan menyirami warga yang melewatinya.

“Bukan hanya masyarakat saja, saat ada kendaraan yang lewat juga begitu. Jarak 1 atau 2 meter, sprayer sudah menyemprot otomatis,” tegasnya.

Kurnia menjelaskan, gerbang desinfektan otomatis itu merupakan dari Relawan Inspiratif dan Rumah Zakat. Kami juga terus melakukan sosialisasi terkait bahaya dan cara penyebaran Corona kepada masyarakat. Diam di rumah saat sakit, pakai masker saat batuk, sering cuci tangan dengan sabun, dan social distancing atau jaga jarak aman dengan warga lainnya sekitar 1 hingga 3 meter, menjadi materi sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kami berupaya memutus mata rantai virus itu. Semoga cara ini dapat dipahami masyarakat dan dipatuhi. Sebab imbauan yang digaungkan untuk kebaikan semua orang,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close