AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Dua Hutan di Kabupaten Sukabumi Akan Berganti Status

Sukabuminow.com || Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ade Suryaman, membuka seminar Sumber Daya Alam mengenai kelayakan Hutan Pasirpiring, Kecamatan Waluran, dan Puncak Buluh, Kecamatan Jampangkulon, menjadi hutan lindung atau hutan konservasi. Seminar berlangsung di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi, Palabuhanratu, Selasa (12/9/23).

Ade Suryaman mengatakan, latar belakang kedua hutan di kawasan Pajampangan ini perlu ada penanganan secara spesifik. Sebab pascamusim hujan maupun kemarau kerap terjadi banjir dan kekeringan.

“Semoga kajian yang akan dilakukan konsultan dari PT. Sisarti Baksya Asasta dapat berjalan efektif terhadap kelayakan hutan Pasirpiring dan Puncak Buluh dalam upaya mengembalikan hutan tersebut ke habitat awal,” harapnya.

Sementara itu Kepala Bagian Sumber Daya Alam Setda Kabupaten Sukabumi, Prasetyo menjelaskan, lokashi khusus penelitian di Hutan Pasirpiring dan Puncak Buluh adalah untuk mengetahui status potensi perubahan fungsi dari hutan produksi menjadi hutan lindung dalam upaya menjaga kelestarian keaneka ragaman hayati.

“Hasil kajian ini akan dilaporkan kepada KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan) untuk ditindaklanjuti. Semoga kawasan tersebut bisa menjadi kawasan hutan lindung,” singkatnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button