AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Dinas Pertanian Cetak Belasan Hektare Sawah Baru di Bantargadung

Reporter : Mulya H

Sukabuminow.com || Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi melakukan cetak sawah baru seluas 13,06 hektare di tiga desa Kecamatan Bantargadung, di antaranya Desa Buana Jaya, Mangunjaya, dan Boyongsari.

Kepala Seksie Pengelola Lahan Dan Air (PLA) Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Gilar M Akmal, mengatakan, lahan sawah baru tersebut dicetak oleh perusahaan properti, PT Barsya Cipta Lestari yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, sebagai pengganti lahan sawah yang digunakan untuk perumahan oleh perusahaan tersebut.

“PT Barsya Cipta Lestari membeli lahan sawah dari warga di Kecamatan Sukaraja dan dialihfungsikan menjadi perumahan. Amanat Perbup No 21 tahun 2017 tentang alihfungsi lahan sawah, mereka harus menggantinya. Itu dasarnya cetak sawah ini dilakukan,” tutur Gilar saat ditemui Sukabuminow.com di ruangannya, Selasa (4/8/20).

Gilar menjelaskan, sebelumnya PT Barsya Cipta Lestari mengalihfungsikan lahan sawah seluas 4,3 hektare untuk perumahan setelah dibeli dari warga di Sukaraja.

“Amanat Perbup No 21 tahun 2017 tentang alihfungsi lahan sawah menyebutkan bahwa jika ada alihfungsi lahan sawah untuk kepentingan non pertanian, berarti yang melakukannya wajib menggantinya seluas tiga kali lipat,” jelasnya.

Sawah yang dicetak baru tersebut, lanjut Gilar, berada di atas lahan milik warga di tiga desa tersebut dengan empat kelompok tani di dalamnya.

“Sekarang masih berjalan, target pelaksanaan tanamnya nanti bulan Oktober. Sehingga masuk dalam masa tanam Oktober – Maret,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close