Kabupaten SukabumiPemerintahanWisata

Ciracap, Surga di Selatan Sukabumi

ads

Sukabuminow.com II Sekitar 75 kilometer perjalanan. Dari Kota Palabuhanratu : Ibu Kota Kabupaten Sukabumi. Jawa Barat. 216 Kilometer dari Ibu Kota Provinsi Jawa Barat : Bandung. Dan 233 Kilometer dari Ibu Kota Negara : Jakarta. Kita dapat menjangkau. Kecamatan Ciracap. Ragam potensi. Dapat dinikmati. Di wilayah seluas 16.802 hektare tersebut.

CAMAT Ciracap : Asep Mulyadi. Foto : Sukabuminow

Terdapat sedikit pergeseran. Lebih tepatnya penambahan status. Di kecamatan yang dipimpin. Oleh Asep Mulyadi itu. Jauh sebelumnya. Ciracap dikenal sebagai sentra padi sawah. Tak heran. Karena luas lahan persawahan. Mencapai 4.379,7 hektare. Sektor perkebunan. Juga mendominasi. Di mana tanaman hortikultura seperti kelapa. Serta buah-buahan macam semangka. Dibudidayakan warga selama ini. Intinya. Sektor pertanian. Dan perikanan : laut dan air tawar. Menjadi sumber mata pencaharian warga Ciracap.

PERKEBUNAN kelapa. Di Desa Cikangkung. Foto : ISt

Seiring berjalannya waktu. Banyak mata terbuka. Dengan pesona yang dimiliki kecamatan dengan 8 desa. 38 kedusunan, 72 ke-RW-an. Dan 353 ke-RT-an itu. Keindahan alam Ciracap. Mampu membius wisatawan. Hamparan laut lepas. Dengan pantai yang khas. Seperti tapal kuda : Ujung Genteng. Diyakini sebagai awal. Dikenalnya Ciracap. Sebagai tujuan pelancong. Dari situ pula. Ciracap termasuk dalam Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark : CPUGG. Karena banyak potensi pariwisata. Yang dimiliki.

BATIK Pakidulan. Karya warga Kampung Batik Purwasedar. Foto : ISt

Warga Ciracap antusias. Sektor pertanian. Tak lagi menjadi andalan. Ada yang lain. Yakni pariwisata. Terlebih saat ini. Status kecamatan yang pada tahun 2017 lalu. Memiliki penduduk. Berjumlah 52.097 jiwa tersebut. Masuk dalam 1 dari 8 kecamatan CPUGG. Sektor pariwisata terus berkembang. Di Ciracap. Yang mencakup 8 desa. Di antaranya : Gunung Batu. Cikangkung. Purwasedar. Ciracap. Pasir Panjang.  Mekarsari. Pangumbahan. Dan Ujung Genteng.

KONSERVASI Penyu. Di Pantai Pangumbahan. Ciracap. Foto : Ist

Kecamatan di selatan Kabupaten Sukabumi itu. Memiliki panorama indah. Di beberapa tempat. Dan tempat wisata lainnya. Seperti : Pantai Ujung Genteng. Konservasi Penyu Pangumbahan. Curug Luhur. Ombak Tujuh. Pantai Cibuaya. Leuwi Kenit. Kampung Batik Purwasedar. Dan banyak lagi yang lainnya.

RIVER Tubing. Di Leuwi Kenit Ciracap. Menguji adrenalin. Foto : Ist

Penasaran dengan pesona Ciracap?. Segera kunjungi Kecamatan Ciracap. Pesona dan keramahan masyarakatnya. Akan membuat anda betah. Berlama-lama di sana. (Adv/DKIP)

Editor : Andra Permana II E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close