Kabupaten Sukabumi

CGF Masuk Wonder Event Kementerian Pariwisata

Sukabuminow.com || Gelaran CGF (Ciletuh-Palabuhanratu Geopark Festival) akan menjadi salah satu dari 100 wonder event Kementerian Pariwisata mulai tahun depan.

Hal itu diungkapkan Ida Hernida, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat.

“Pada dasarnya setiap geopark tidak boleh sepi dari kegiatan. Harus selalu ada hal-hal yang memancing datangnya wisatawan. Seperti CGF ini,” ujarnya, Minggu (14/10/18).

Ia menyebut, gelaran CGF ke-IV Tahun 2018 di Ampiteater Panenjoan, Kecamatan Ciemas terbilang sukses dengan diwarnai pemecahan rekor dunia RHR (Record Holders Republic) tarian Jipeng yang diikuti 6.583 penari.

“Penyelenggaraan ini menjadi ajang pengenalan CPUGG (Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark) kepada dunia. Ada 12 seni pertunjukan tradisional yang melibatkan 250 seniman dalam dua hari ini,” jelasnya.

Baca Juga :

Marwan Hamami, Bupati Sukabumi, CGF ke-IV Tahun 2018 akan dijadikan pendukung program pemberdayaan menuju kemandirian masyarakat pariwisata. Sehingga berujung pada bergeraknya sistem industri pariwisata dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perekonomian kepariwisataan.

“Partisipasi dan inisiatif masyarakat dalam kegiatan-kegiatan geowisata, seni budaya, konservasi, dan edukasi harus hidup. Masyarakat bersama pemerintah dan industri swasta pariwisata menjadi pelaku pembangunan dan pengembangan pariwisata,” bebernya.

Marwan menegaskan, pihaknya harus berani merancang kegiatan-kegiatan atraktif yang mengundang dunia untukndatang dan mengenal keindahan alam Kabupaten Sukabumi yang tidak dimiliki daerah lain.

“Kita sudah menjadi anggota Unesco. Jadi, pola pikirnya sudah harus global. Kita harus memgemas event yang teragendakan dan bisa melengkapi keindahan alam yang kita miliki. Yakin, kita bisa,” terangnya.

Editor : Andra Permana

Related Articles

Close
Close