AdvertorialKabupaten SukabumiPariwisata

Cegah Pungli, Ini Pesan Bupati Sukabumi

Sukabuminow.com || Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, meminta para camat dan kepala desa yang memiliki objek destinasi tujuan wisata (ODTW) untuk lebih sering melakukan monitoring. Hal itu untuk mencegah terjadinya pungutan liar di kawasan wisata seperti yang baru-baru ini terjadi di Pantai Karanghawu, yang merupakan ODTW Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) Kecamatan Cisolok.

“Jangankan untuk pungli, beberapa tujuan kawasan wisata malah sudah kita bebaskan untuk kenyamanan para wisatawan yang datang ke wilayah Sukabumi,” tutur Marwan, usai menghadiri Penutupan Latihan Standardisasi Prajurit Kostrad Gelombang XII dan Tradisi Pembaretan di Pantai Palangpang CPUGG Kecamatan Ciemas, Selasa (15/3/22).

Dalam memberantas pungli, Marwan juga meminta jajarannya untuk mengedepankan persuasif. Sehingga pihak yang ditegur lebih menerima dengan lapang dada.

“Kasih imbauan dulu. Kalau membandel, maka lakukan tindakan oleh Satpol PP dan Saber Pungli (Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar) sebagai unit pemberantasan pungutan liar,” tegasnya.

Marwan juga mengimbau para pedagang di ODTW untuk membuat daftar menu harga yang sesuai. Sehingga pengunjung dapat mengetahui harga barang yang dijual. Serta memastikan harga tidak berlebihan.

“Wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Sukabumi tidak boleh dibuat kapok. Buat mereka supaya betah dan mau kembali lagi dengan membawa rekannya yang lain,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button