AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Bupati Sukabumi Dukung Budidaya Kacang Lurik

Sukabuminow.com || Kacang lurik, menjadi salah satu komoditas yang tergolong menjanjikan di Kabupaten Sukabumi. Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, mendukung pengembangan tanaman tersebut. Hal itu disampaikan Marwan dalam Panen Raya Kacang Lurik di Cimenteng, Kecamatan Cikembar, Selasa (24/5/22).

Panen itu, kata Marwan, merupakan panen raya perdana. Yang menarik, kacang lurik yang ditanam merupakan terobosan DPD KNPI Kabupaten Sukabumi dalam mendorong perkembangan kuantitas dan kualitas petani milenial.

“Potensi pertanian di Kabupaten Sukabumi tidak ada habisnya. Dan saya bersyukur, KNPI bisa menjadi motivator bagi anak muda dalam hal ini petani milenial untuk memanfaatkan potensi itu,” ucap Marwan.

Ia menegaskan, penanaman kacang lurik yang menggunakan pupuk organik dan memiliki estimasi produksi 3 hingga 4 ton per hektare setiap panennya itu, bisa menjadi pengungkit pemberdayaan masyarakat. Apalagi luas lahan pertanian di Kabupaten sukabumi berpotensi menghasilkan produk pertanian yang melimpah.

“Potensi yang dimiliki ini bisa disinergikan dengan kaum milenial yang memiliki banyak ide dan gagasan. Sehingga hilirnya mampu menyejahterakan masyarakat Kabupaten Sukabumi,” ungkapnya.

Di tempat sama, Ketua DPD KNPI Kabupaten Sukabumi, Reggy Afriansyah mengatakan, kacang lurik memiliki potensi pasar yang luar biasa.

“Setiap pekan permintaan pasar mencapai 3 sampai 4 ton. Makanya kami memilih kacang lurik untuk dibudidayakan. Kami bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menanam komoditas unggul ini,” bebernya.

Ke depan, kata Reggy, pihaknya ingin menggarap di area yang lebih luas. Mengingat lahan Cimenteng masih relatif luas.

“Sekarang kami baru 5 hektare. Semoga ke depan bisa lebih luas lagi,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button