AdvertorialDesakuKabupaten SukabumiPariwisataPemerintahan

Bukit Cienong, Destinasi Wisata Baru di Cisolok

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Slogan Cisolok Nan Elok semakin nyata diperlihatkan Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Di wilayah yang dipimpin Kurnia Lismana tersebut, memiliki potensi wisata yang cukup mumpuni. Terlebih, wilayah tersebut termasuk dalam Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

Terbaru, Kecamatan Cisolok memiliki destinasi wisata baru, yakni Bukit Cienong, yang terletak di Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok. Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, meresmikan Bukit Cienong, Rabu (16/9/20).

Kepala Desa Pasirbaru, Hidayah, mengatakan, destinasi wisata Bukit Cienong dibangun pada tahun 2019 dengan menggunakan dana Program Perencanaan Pembangunan Kecamatan (P3K).

“Bukit Cienong ini dibangun di atas lahan desa. Alhamdulillah semakin banyak pilihan destinasi wisata di Kecamatan Cisolok,” tutur Hidayah.

Di tempat sama, Camat Cisolok, Kurnia Lismana, menjelaskan, sejauh ini, Kecamatan Cisolok terkenal dengan Geyser, Pantai Karanghawu, Pantai Cibangban, hingga Pantai Cikembang. Kehadiran Bukit Cienong menambah pilihan bagi wisatawan yang berkunjung ke Cisolok.

“Akan ada dua intervensi tahun depan dari Jawa Barat untuk Cisolok. Yakni Geyser Cisolok dan Pantai Karanghawu. Semoga semakin menambah popularitas Cisolok di kalangan para wisatawan,” ujar mantan Camat Nagrak itu.

Sementara itu, Penggiat Desa Wisata, Agus Dhani, menambahkan, Desa Pasirbaru direncanakan akan menjadi gerbang etalase Jawa Barat. Mengingat letaknya berbatasan langsung dengan Desa Cibareno, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Banten.

“Kami ingin membuat tugu baru sebagai batas provinsi. Kami juga akan membuat sky walk dan Masjid Al Hidayah di Pantai Cikembang, flying fox juga akan dibangun di area bukit Cienong. Kemudian ada juga Pantai Kokoncong di Muara Cibareno. Untuk ke sana, akan dioperasikan sepeda motor pariwisata. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya di Terminal Cibareno,” bebernya.

Kehadiran Bukit Cienong diapresiasi oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami. Dirinya mengaku kagum dengan potensi alam yang dapat dinikmati dari Bukit Cienong.

“Potensinya luar biasa. Saya yakin, ini akan menjadi salah satu favorit wisatawan,” ungkapnya.

Marwan berpesan, agar fasilitas di Bukit Cienong lebih dilengkapi serta masyarakat sekitar yang ikut diberdayakan. Sehingga kesejahteraan masyarakat dapat terintervensi dengan kehadiran destinasi wisata baru tersebut.

“Warga sekitar bisa berjualan aneka ragam makanan untuk pengunjung. Tapi tidak boleh sama. Misalnya rumah yang satu jual pisang goreng, maka rumah yang lainnya menjual comro. Home stay juga harus mulai dipikirkan karena di sini sudah banyak destinasi wisata,” tegasnya.

Pantauan Sukabuminow.com, di destinasi wisata Bukit Cienong terdapat replika perahu dengan background Teluk Palabuhanratu. Selain itu, terdapat wahana sepeda gantung, gazebo, dan toilet. Jalan menuju ke lokasi tersebut juga bisa diakses dengan mobil, meski jalannya hanya cukup untuk satu mobil. Pengunjung tinggal belok kanan setelah melewati Lapang Cibangban.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close