Kabupaten SukabumiPeristiwa

BMKG Ungkap Sebab Cuaca Ekstrem

Sukabuminow.com || Cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini di Kabupaten Sukabumi diakibatkan siklon tropis yang tumbuh silih berganti. Fakta itu diungkapkan Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung, Yan Firdaus, Rabu (2/3/22).

“Lima hari yang lalu, siklon tropis Vernon ada di sekitar Barat Daya Banten. Setelah itu terbentuk invest 93S di selatan Banten. Dan kemarin tumbuh invest 95S di sekitar selatan Cilacap,” terang Yan Firdaus melalui WhatsApp.

Kondisi itu, kata Yan, menimbulkan potensi peningkatan bencana hidrometeorologi, seperti hujan disertai angin kencang dan juga angin kencang itu sendiri.

Yan mengimbau masyarakat yang tinggal ataupun mengunjungi kawasan pesisir selatan Jawa Barat, untuk selalu waspada. Sebab potensi gelombang tinggi termasuk hujan disertai angin, masih mungkin terjadi hingga akhir bulan ini.

“Perlu diwaspadai juga kejadian seperti abrasi dan kerusakan infrastruktur pantai lainnya yang disebabkan oleh gelombang tinggi dan angin kencang,” pungkasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button