AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Bertanya Potensi Kabupaten Sukabumi, Wakil Ketua MPR Disuguhi Batik hingga Kopi

Sukabuminow.com || Kembali, Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan pejabat pusat. Kali ini, Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, datang untuk membahas potensi yang ada di wilayah terluas kedua se-Jawa Bali setelah Banyuwangi ini, Jumat (12/11/21).

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, yang menyambut Zulhas dan rombongan, menjelaskan berbagai macam potensi yang dimiliki.

“Sumber daya alam kami sangat melimpah. Maka dari itu, kami tuangkan dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Sukabumi. Dengan pertanian dan pariwisata sebagai sektor unggulan,” papar Marwan di Gedung Negara Pendopo Sukabumi.

Kedua sektor tersebut, yakni pertanian dan pariwisata, merupakan program unggulan dan ikon pembangunan yang sejalan dengan cita-cita Presiden RI, Joko Widodo.

“Potensi kita yang dituangkan ke dalam RPJMD menjadi nyambung dengan cita-cita Pak Presiden,” ucapnya.

Penyelesaian infrastruktur dan perusahaan umum daerah (Perumda) yang berkonsentrasi dalam dua sektor tersebut, kata Marwan, menjadi upaya dalam meningkatkan sektor itu.

“Kita telah membentuk Perumda Agro dan Pariwisata. Infrastruktur pembangunan kita lakukan percepatan juga. Semua ini untuk memudahkan akses pariwisata dan penyaluran hasil pertanian dari Kabupaten Sukabumi,” jelasnya.

Marwan juga menyerahkan produk unggulan Kabupaten Sukabumi kepada Zulhas, seperti Batik Purwasedar dan Kopi Kolonial yang merupakan kopi pertama yang ditanam orang Belanda di Sukabumi.

“Kopi ini sampai sekarang masih ada. Bahkan pohonnya sudah sangat besar di wilayah Kalapanunggal dengan rasa yang enak. Saat ini sedang dibudidayakan,” terangnya.

Di tempat sama, Wakil Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan, memuji potensi Kabupaten Sukabumi yang dipaparkan Marwan.

“Kami berkunjung ke sini untuk berdiskusi terkait potensi yang ada di Kabupaten Sukabumi. Mulai dari pertanian, wisata, tambang, kuliner, dan kerajinan kita diskusikan tadi. Sangat luar biasa, dan harus terus dikembangkan,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button