Kabupaten Sukabumi

Bekas Galian Pipa PDAM Longsor, Warga Khawatir

Sukabuminow.com || Proyek galian pipa milik Perumda AM (Perusahaan Daerah Air Minum) atau PDAM di pinggir jalan Kampung Cidahu Babadan RT 16/05, Desa Tangkil, Kecamatan Cidahu, menyisakan persoalan.

Tebing hampir setinggi tiga meter longsor diduga akibat bekas penggalian pipa. Hal itu menyebabkan warga sekitar was-was akan terjadi longsor yang lebih melebar jika tidak segera diperbaiki.

“Saya takut nanti ada hujan besar dan longsor bisa melebar ke arah jalan raya,” ungkap Ujang Jalil, salah satu warga sekitar kepada Sukabuminow, Kamis (6/12/18).

“Longsornya tepat di bekas galian untuk pemasangan pipa PDAM yang dikerjakan dua bulan lalu. Pemadatan bekas galiannya tidak maksimal,” sambungnya.

Baca Juga :

Kekhawatiran Ujang akan longsor yang melebar bukan tanpa alasan. Terlebih, hujan dengan intensitas tinggi mulai sering turun. Air hujan dapat masuk melalui celah lubang akibat proses pemadatan yang ‘alakdarnya’.

“Kalau proses pemadatannya sesuai prosedur, saya yakin tidak seperti ini. Hal ini tidak pernah terjadi sebelumnya, meskipun diguyur hujan,” terang Daseng, sapaan karib Ujang Jalil.

Daseng mengaku telah menginformasikan kejadian itu ke pihak kecamatan dan Perumda AM. Pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) menjadi hal yang paling diharapkan warga di lokasi tersebut.

“Semoga segera ada tindakan nyata agar tidak terjadi longsor besar,” tandasnya. (R Tanjung)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : Sukabuminow8@gmail.com || Marketing : 085219906182 / 081646949947

Tags

Related Articles

Close
Close