Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Bakal Calon Bupati Tertipu Dukun Pengganda Uang, Polisi Kejar Pelaku

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Satuan Reserse Kriminal Polres Sukabumi masih melakukan penyelidikan kasus yang dialami Bakal Calon Bupati Sorong Selatan, Papua Barat, Yunus Saflembolo, yang diduga menjadi korban aksi penipuan dukun penggandaan uang di Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/6/20) lalu di kawasan Objek Wisata Curug Pareang, Kampung Lembursitu RT 07/02, Desa Sindangresmi, Kecamatan Jampangtengah.

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Rizka Fadhila, mengatakan, pihaknya masih mendalami keterangan korban dan saksi-saksi.

“Korban dikenalkan saksi kepada pelaku. Kita terus dalami keterangan saksi yang diduga mengetahui pelaku,” tutur Rizka kepada Sukabuminow.com, Jumat (19/6/20).

Ia menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi, saat ritual penggandaan uang berlangsung korban bersama dua orang saksi disuguhi minuman oleh pelaku dengan dalih sebagai persyaratan ritual. Usai menenggak minuman itu, korban dan dua saksi mendadak lemas.

“Kemudian korban pindah dari satu gubuk ke gubuk yang lain,” sambung Rizka.

Saat ketiganya lemas, pelaku mengambil tas berisi uang yang dibawa korban. Kondisi ketiga orang yang tengah lemas tersebut diketahui oleh sopir yang mengantarkan ketiganya termasuk Bakal Calon Bupati Sorong Selatan.

“Ada dua orang yang tidak ikut turun dari mobil, yakni driver dan sekretaris. Keduanya sempat berpapasan dengan pelaku yang meminta tolong untuk membawa ketiga orang yang sedang lemas itu. Saat itu, pelaku mengatakan bahwa dirinya akan pergi ke rumah seseorang,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, korban mengalami kerugian materi sebesar Rp 100 juta. Korban berangkat dari Papua ke Jakarta kemudian ke Bogor. Selanjutnya ke Sukabumi Kota dan ke tempat ritual di Jampangtengah.

“Segala proses penyusunan ritual dilakukan di Sukabumi Kota. Tempat ritualnya di Jampangtengah,” beber Rizka.

“Keterangan korban dan saksi masih kami gali. Tim saat ini sedang mengejar pelaku,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close