Kabupaten SukabumiPeristiwa

Ada Bangkai Kapal Perang di Dasar Teluk Palabuhanratu, Benarkah?

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Grup Media Sosial Sukabumi Facebook, dihebohkan dengan gambar-gambar satelit postingan akun milik Akbar Alfiana N, Sabtu (20/6/20). Gambar tersebut berada dari Google Maps yang menangkap benda mirip kapal di dasar laut tak jauh dari pesisir Pantai Cikembang, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Postingan tersebut menghiasi Sukabumi Facebook sejak 11 jam lalu. 3 foto hasil screenshot dilampirkan. Salah satunya bahkan telah di zoom dan tampak jelas posisi benda yang diduga kapal karam tersebut.

Postingan Akbar Alfiana N di Sukabumi Facebook.

“Saha nu te apal palabuan ratu?? Pasti sadayana ge tos pada apal… cik keneh bieu na googlemap abdi ninggalian palebah palabuan ratu jiga aya penampakan kapal gede.. ari pas d zoom teh gening jiga kapal nu karam atau ti teleum…
Cobi aya nu terang tur nga infoan seputar ieu gambar??,”.
(Siapa yang tidak tahu Palabuhanratu? Pasti semua sudah pada tahu. Coba barusan di google map saya lihat sebelah Palabuhanratu seperti ada penampakan kapal besar…pas dizoom ternyata seperti kapal yang karam atau tenggelam…)
(coba ada yang tahu dan bisa memberi informasi seputar gambar ini??,” tulis Akbar dalam postingannya.

HASIL citra satelit Google Earth sebelum diperbesar.

Dalam hitungan jam, postingan itu langsung mendapatkan lebih dari 200 komentar dari netizen di Sukabumi Facebook. Ada yang serius menanggapi, namun tidak sedikit pula yang menanggapinya dengan candaan.

“Abdi asli ti ci Bangban tapi tacan pernah ngadangu carita baheula di laut ci Bangban aya kapal geude titeuleum.. nembe bieu ue ngacek na Google map ternyata bener aya kapal titeuleum. (Saya asli dari Cibangban tapi tidak pernah dengar dulu di laut Cibangban ada kapal besar tenggelam.. Baru cek google maps ternyata benar ada kapal tenggelam),” tulis komentar yang ditulis akun Nur Zaman Asrollany.

Selain itu, ada pula netizen yang berpendapat bahwa benda itu adalah kapal tongkang pengangkut batu bara untuk PLTU Palabuhanratu. Namun, setelah dicek oleh tim Sukabuminow.com di google earth, ternyata posisi benda tersebut berada di perairan lebih dangkal. Namun belum masuk ke wilayah pesisir Pantai Cikembang dan Cibangban.

“Ya Allah seperti kapal ya, mungkin saja kapal karam. Saya kurang tahu, baru tahu sekarang,” terang Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, Ujang SB.

“Itu seperti kapal karam. Selama ini belum ada informasi ada kapal karam di situ. Tapi mungkin saja kapal karam zaman dulu. Bentuknya mirip seperti kapal perang,” pungkasnya.

Hingga berita ini dimuat, belum ada informasi yang lebih jelas, mengenai gambar tersebut.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close