Kabupaten SukabumiPariwisata

Antisipasi Pungli, Pengelola Pantai Cibangban Gandeng Saber Pungli

Sukabuminow.com || Sejumlah mobil berbaris di Lapangan Sepakbola Cibangban, Pantai Cibangban, Desa Pasirbaru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Minggu (23/4/23). Kendaraan tersebut milik para wisatawan yang tengah menikmati musim libur lebaran 2023.

Selain memiliki pantai yang bagus, tempat tersebut disukai pengunjung karena tarif tiket masuk yang dinilai tidak memberatkan.

“Seikhlasnya saja tidak ditaktor. Untuk parkir kita sesuaikan. Ada yang ngasih 5 ribu, 10 ribu, 15 ribu, 3 ribu juga ada. Kita ambil yang penting wisatawan aman, nyaman, tentram,” ujar Pera, petugas tol gate sekaligus Sekretaris BUMDes Pasirbaru.

Ia menjelaskan, pengelolaan tempat tersebut tidak melibatkan pihak lain termasuk Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi. Pengelolaan dilakukan oleh Karang Taruna, Linmas, dan BUMDes Pasirbaru.

“Alhamdulillah selama ini untuk keamanan terjaga. Pengunjung juga sangat puas,” sambungnya.

Pera menegaskan, pihaknya juga telah melakukan antisipasi agar para pengunjung terhindar dari pungutan liar (pungli). Komunikasi dengan Saber Pungli Kabupaten Sukabumi telah dilakukan.

“Kita sudah kerja sama dengan Saber Pungli. Soalnya kan kita tidak punya tiket terus untuk keamanan kita yang jaga supaya tidak disebut pungli,” tegasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button