AdvertorialKabupaten SukabumiParlemen

Anggaran 2024 Dibahas Maraton, Yudha Sukmagara Bicara Peningkatan PAD Kabupaten Sukabumi

Sukabuminow.com || Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara mengatakan, pembahasan anggaran 2024 akan dilakukan secara maraton. Hal itu disebabkan karena harus selesai pada Desember mendatang.

“Banyak hal yang ditargetkan untuk anggaran tahun 2024 nanti. Salah satunya bagaimana menaikan pendapatan asli daerah supaya bisa menutup kekurangan anggaran yang selalu dikeluhkan oleh pemerintahan Kabupaten Sukabumi,” tuturnya, Selasa (7/11/23).

Baca Juga :

Selain itu, lanjut Yudha, pihaknya juga akan membahas anggaran lainnya, seperti Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Afirmasi, termasuk Dana Bagi Hasil (DBH).

“Anggaran itu sudah diplot dan dikendalikan (pemerintah pusat). Jadi memang salah satu cara untuk tidak bisa dikendalilan itu ya PAD (pendapatan asli daerah) kita-nya harus naik,” tegasnya.

Menurutnya, potensi peningkatan PAD Kabupaten Sukabumi sangat banyak. Salah satunya melalui sektor pajak. Yudha menyebut, penarikan pajak harus lebih maksimal.

“Anggap saja Kabupaten Sukabumi ini tanahnya luas, HGU banyak yang perlu dibenahi, PBB banyak yang stagnan, pajak makan minum, pajak mineral, pajak air tanah, banyak yang harus digali. Inipun baru keluar Perda kita penambahan pajak air tanah. Tinggal keinginan kita untuk menetukan itu,” tegasnya. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button