AdvertorialKabupaten SukabumiPendidikan

Uji Coba PTM Sukses, Ini Harapan Pendidik SDN 3 Palabuhanratu

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Dunia pendidikan ikut terguncang dengan kehadiran wabah pandemi Covid-19. Bahkan, mayoritas proses pembelajaran dilakukan secara online dari rumah.

Namun kini perlahan tapi pasti, proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka. Meski belum maksimal, namun hal itu disambut antusias oleh pelajar dan para wali murid.

Di SDN 3 Palabuhanratu, uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) telah dilakukan. Hal itu berdasarkan Surat Edaran Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.

“Kalau hasil monitoring sample oleh Dinas Pendidikan memenuhi syarat, mungkin seluruh sekolah di Kabupaten Sukabumi akan menerapkan PTM,” terang Kepala SDN 3 Palabuhanratu, Juhan, saat ditemui di ruangannya, Senin (16/8/21).

Ia menjelaskan, sejauh ini hasil uji coba tersebut sukses. Selanjutnya, kata Juhan, pihaknya menunggu keputusan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi terkait keberlangsungan PTM.

“Kalau belum menerima surat edaran, mungkin kami mengadakan pembelajaran secara online sesuai undang-undang,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, selama uji coba berlangsung, PTM dilakukan dalam 1 jam pelajaran dengan diikuti 50 persen pelajar di dalam ruangan.

“Kita berlakukan per shif antara pukul 7.30 hingga 9.30, dan sif kedua antara pukul 9.30 hingga 11.30. protokol kesehatan diterapkan secara ketat dari mulai masuk hingga para pelajar pulang,” jelasnya.

Selama uji coba PTM, Juhan mengaku masih terdapat kendala. Namun kendala tersebut bukan dari teknis. Ia mengeluhkan kehadiran wali murid yang menunggui anak-anaknya, seolah belum rela meninggalkan anaknya ketika belajar di sekolah.

“Kami berikan penjelasan agar jangan ragu menitipkan anak kepada kami. Pasti dijaga dan diperlakukan sebaik-baiknya. Saat waktunya pulang juga kami informasikan melalui grup WhatsApp,” bebernya.

“Kami berharap, PTM akan diberlakukan secara penuh. Sebab kami merasa sudah maksimal dalam melakukan uji coba. Sehingga sekolah kembali normal,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close