Kabupaten SukabumiPemerintahan

Triple Untung Diluncurkan, Apa Saja Keuntungannya Bagi Pemilik Kendaraan?

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi meluncurkan program Triple Untung bagi pemilik kendaraan bermotor. Program tersebut tertuang dalam Surat Edaran Bupati Sukabumi Nomor : 973/5154-Bapenda Tentang Insentif Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Program Triple Untung.

Kepala Seksi Penerimaan dan Penagihan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi, Ujang Ruhiyat, mengatakan, Surat Edaran Bupati Sukabumi tersebut merupakan turunan dari Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 970/Kep.377-Bapenda/2021 Tentang Pengurangan dan Pembebasan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor dalam masa pandemi Covid-19 mulai 1 Agustus sampai dengan 24 Desember 2021.

“Triple Untung itu program pengurangan dan pembebasan pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor. Mulai 1 Agustus hingga 24 Desember mendatang,” terang Ujang di ruangannya, Senin (23/8/21).

Ia menjelaskan, banyak keuntungan yang dapat diraih pemilik kendaraan bermotor dengan mengikuti Program Triple Untung tersebut. Antara lain bebas denda pajak kendaraan bermotor, bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNK) I, dan bebas tunggakan pajak kendaraan bermotor (PKB) tahun ke 5.

“Pembebasan denda pajak kendaraan diberikan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat yang terlambat melakukan proses pembayaran. Sedangkan bebas BBNKB I itu pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor ke 2. Serta bebas tunggakan PKB tahun ke 5 yaitu pembebasan tunggakan PKB 5 tahun diberikan kepada wajib pajak yang memiliki kewajiban tunggakan pajak lebih dari 5 tahun,” jelasnya.

Program Tripel Untung juga memberikan diskon pajak kendaraan bermotor. Yakni pengurangan pokok pajak kendaraan yang diberikan kepada seluruh masyarakat yang membayar pajak dengan ketentuan.

“Bagi masyarakat yang membayar pajak saat jatuh tempo sampai dengan 30 hari sebelum jatuh tempo diberikan diskon 2 persen. Joka pembayaran lebih dari 30-60 hari sebelum jatuh tempo diberikan diskon 4 persen, 60-90 hari sebelum jatuh tempo diskon 6 persen, kemudian 90-120 hari sebelum jatuh tempo diskon 8 persen, dan 120-180 hari sebelum jatuh tempo diberikan diskon sebesar 10 persen,” bebernya.

Program Triple Untung dapat dinikmati oleh orang pribadi yang memiliki dan/atau yang menguasai kendaraan bermotor, badan pemerintah provinsi atau kabupaten/ota, dan pemerintah desa di Jawa Barat. Serta dikecualikan pembebasan untuk pembayaran permohonan kendaraan bermotor baru, ubah bentuk, ex-dump atau plang yang belum terdaftar dan ganti mesin.

“Untuk jenis pembayaran pajak 5 tahun dilakukan di Samsat tempat kendaraan terdaftar. Sedangkan pajak kendaraan tahunan bisa dilakukan di Samsat Induk, Samsat Outlet, Samsat Keliling, Samsat Gendong, Samsat Drive Thru, Samsat Masuk Desa, e-Samsat, T-Samsat, Samsat J-Bret, dan aplikasi Sambara,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close