Kabupaten SukabumiPemerintahan

TMMD ke-104 Tahun 2019 di Ciracap Resmi Ditutup

Sukabuminow.com || Upacara penutupan digelar Rabu (27/3/19). Lapangan Purwabakti Desa Purwasedar, menjadi lokasi penutupan. Capaian TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke-104 tahun 2019 cukup membanggakan. Hal itu diungkapkan Irjenad (Inspektorat Jenderal TNI Angkatan Darat), Mayjend TNI Suko Pranoto, usai menutup TMMD.

“Saya ketua tim evaluasi. TMMD di Kabupaten Sukabumi sangat besar,” tuturnya kepada wartawan.

Suko Pranoto mengatakan, seluruh target TMMD tercapai. Kecuali Jembatan Cibangkel sepanjang 24 meter.

“Banyak kendala. Pembangunan jembatan tidak mungkin selesai cepat. Saya tunggu hingga selesai 100 persen,” ujarnya.

Baca Juga  :

Cuaca sering hujan. Alat berat crane tidak bisa masuk ke lokasi. Akibat kontur tanah yang labil dan sempit. Crane yang ada saat ini berukuran kecil.

“Saya sudah koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum. Jembatan akan selesai dalam 2 minggu,” tegasnya.

“Tapi secara keseluruhan kinerja Satgas TMMD memuaskan,” sambungnya.

Di tempat sama, Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono, mengapresiasi Satgas TMMD. Kinerja luar biasa dan maksimal ditunjukkan. Pekerjaan Satgas dinilai optimal. Volume lebih besar.

“Ini tahap awal. Nanti akan ada pemeliharaan juga oleh Pemkab (Pemerintah Kabupaten). Terima kasih kepada seluruh Satgas TMMD,” urainya.

TMMD ke-104 tahun 2019. Berkah bagi Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap. Sasaran fisik dan non fisik dikerjakan. Di antaranya pengaspalan sepanjang 5,5 kilometer dengan lebar 2,5 meter; Pembangunan Jembatan Cibangkel; Pembuatan 3 unit gorong-gorong; Pemasangan 2 unit plat beton.

Pembangunan non fisik juga dilakukan. Meliputi pembinaan hukum dan Kamtibmas oleh Polres Sukabumi; Penyuluhan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi; Penyuluhan dan pelayanan KB dari Dinas PPKB Kabupaten Sukabumi; Keagamaan dari Departemen Agama Kabupaten Sukabumi;

Selanjutnya wawasan kebangsaan dari Badan Kesbangpol Kabupaten Sukabumi; Bela negara oleh Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi; Pramuka dari Kwarcab Saka Wira Kartika Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi; Penyuluhan pertanian dari Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi; Penyuluhan peternakan dari Dinas Peternakan; serta Respon dan tanggap bencana dari BPBD Kabupaten Sukabumi;

Tak hanya itu, 23 sasaran tambahan lainnya selesai dilaksanakan. (Andra Permana)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close