Kabupaten Sukabumi

Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, PLTU Palabuhanratu Manfaatkan FABA

Sukabuminow.com || PT. Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu melakukan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan perekonomian pasca pandemi Covid-19. Pemberdayaan tersebut berupa pemanfaatan limbah sisa pembakaran batubara atau biasa disebut Fly Ash dan Bottom Ash (FABA).

Ahli Muda CSR dan Humas PT. Indonesia Power PLTU Jabar 2 Palabuhanratu, Agung Sasmito mengatakan, program tersebut dilakukan dengan tiga tahap, yakni pelatihan pengelolaan, penyediaan fasilitas peralatan, serta pendampingan dan pengembangan program.

“Kami bekerja sama dengan Pemerintah Desa Citarik Kecamatan Palabuhanratu. Sejauh ini kami memberdayakan sembilan orang masyarakat untuk mengikuti program pelatihan ini,” tutur Agung di PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu, Rabu (8/6/22).

Pelatihan tersebut, kata Agung, digelar selama empat hari ke depan. Ia berharap, sembilan orang peserta pelatihan tersebut dapat memanfaatkan FABA menjadi berbagai bahan material.

“Bahan material yang bisa dihasilkan dari FABA ini di antaranya batako, paving block, dan kanstin,” jelasnya.

Di tempat sama, salah satu peserta, Obar Sobarna menegaskan, dirinya sangat antusias dengan pelatihan tersebut. Menurutnya, hal itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dan kemampuan.

“Apalagi setelah ini kami akan membuat dan memproduksi batako dan paving block yang dapat digunakan untuk membangun desa kami,” ucap Obar. (Ade Firmansyah)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button