AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Tiga Varietas Durian Cikakak Diobservasi BPSBTPH Jabar

Sukabuminow.com || Tiga varietas durian di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, diobservasi oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi dan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Jawa Barat, Kamis (10/8/23).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap menjelaskan, observasi tersebut merupakan rangkaian upaya pelestarian genetik buah unggulan Kabupaten Sukabumi yang terus dilakukan pihaknya sejauh ini.

“Ketiga varietas yang diobservasi kemarin itu ada Silengut, Sinusa, dan Gandaria. Semua dari Kecamatan Cikakak,” ungkap Tuty, Sabtu (12/8/23).

Observasi atau pengamatan itu, kata Tuty, merupakan yang kedua dari proses pendaftaran varietas lokal pada fase berbunga. Sebelumnya, tahap awal pengamatan uji kebenaran varietas pada fase panen untuk karakterisasi tanaman telah selesai dilakukan pada Februari lalu.

“Ini menjadi dasar penting dalam perbanyakan, sertifikasi, dan pengawasan bibit. Sehingga dapat memberikan perlindungan bagi pemulia dan pemilik varietas atas komersialisasi varietas unggul yang dihasilkan. Supaya nantinya tidak ada klaim atau pengakuan dari pihak lain atas durian varietas unggul ini,” pungkas Tuty. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button