BisnisKabupaten Sukabumi

Terkait Asap Putih, Begini Kata PLTU

Sukabuminow.com || Manajemen PT IP (Indonesia Power) PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu, angkat bicara terkait asap putih yang menyelimuti akhir-akhir ini.

Danny Yunarta, Manajer Energi Primer, didampingi oleh Irwanto, Manajer Administrasi PT IP, mengatakan asap tersebut berasal dari titik api di area coal yard.

“Ibarat api dalam sekam, itulah keadaan sekarang. Stok batubara kami banyak sehingga api tertutup dan menghasilkan asap putih itu. Tapi yang keluar itu asap bukan abu,” tuturnya, Senin (22/10/18).

Asap menyebar, lanjut Danny, diakibatkan kencangnya tiupan angin terutama angin laut yang terjadi saat siang hari.

“Apalagi sekarang kita berada di penghujung musim kemarau. Semoga hujan segera turun,” harapnya.

Baca Juga :

Untuk menangani hal itu, pihak PT IP telah memisahkan dan mengurai batubara yang terbakar menggunakan excavator dibantu dengan menggunakan campuran air selama 24 jam. Sedangkan untuk pemadatan akan dilakukan dengan menggunakan alat berat yang saat ini masih dalam proses perakitan di unit.

“Perakitan alat berat ini diperkirakan selesai besok (Selasa). Siap dioperasikan pada Rabu (24/10/18),” bebernya.

Danny menjelaskan, PLTU Jawa Barat 2 Palabuhanratu menggunakan bahan bakar batubara LRC yang memiliki sifat akan mengalami self combustion atau swabakar pada temperatur 70 derajat.

“Saat ini kami sedang melakukan test comissioning spray coal yard. Dalam waktu dekat dapat digunakan untuk penyiraman batubara di coal yard,” pungkasnya.

Tags

Related Articles

Close
Close