Kabupaten SukabumiPeristiwa

Tambang Ilegal Makan Korban, Dua Warga Sukabumi Tewas

Sukabuminow.com || Dua warga Kampung Cibuluh, Desa Langkap Jaya, Kecamatan Lengkong, Kabupaten Sukabumi, tewas tertimpa longsoran tebing sungai saat menambang emas di area Perkebunan Tugu Cimenteg, Desa Langkap Jaya, Kecamatan Lengkong, Kamis (8/6/23).

Keduanya yakni Nagip (18 th) dan Asep Abdul Majid (25 th). Selain itu, lima penambang lainnya ikut tertimbun. Namun berhasil menyelamatkan diri dari longsoran tebing setinggi 7 meter tersebut.

Kabar tersebut dibenarkan Kapolsek Lengkong, Iptu Endang Slamet. Ia menjelaskan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.20 pagi.

“Korban tertimbun longsor pada saat aktivitas pendulangan emas ilegal. Sehingga terdapat tujuh korban yang tertimbun yang mana di antara Korban yang tertimbun tersebut terdapat dua orang yang dinyatakan meninggal dunia,” kata Endang, dalam keterangannya.

Endang mengatakan, tujuh orang tersebutnmelakukan aktivitas penambangan emas secara ilegal dengan cara mengambil material tanah di lahan Perkebunan Tugu Cimenteng pada Rabu (7/6/23) kemarin.

“Kemudian material tanah yang diduga mengandung mineral emas tersebut dilakukan pendulangan di sungai yang tidak jauh dari area pengambilan tanah. Kemudian keesokan harinya atau hari ini tanah tebing dengan ketinggian 7 meter longsor dan menimpa mereka,” ungkapnya.

Lebih lanjut Endang memaparkan, kedua korban dapat dievakuasi setelah lima korban selamat meminta pertolongan warga sekitar. Polisi, katanya, angsung menutup area tersebut agar tidak ada lagi penambang yang beraktivitas.

“Kami memberikan imbauan dan langsung menutup kawasan itu. Kami tegaskan ke warga agar kejadian tidak terulang kembali. Sementara untuk keluarga korban meminta agar korban tidak diotopsi. Pihak keluarga menganggap kejadian tersebut merupakan musibah,” tandasnya. (Edo)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button