Kabupaten SukabumiPeristiwa

Tak Tersentuh Perbaikan, Jembatan Cibeureum Bawa Petaka

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Jembatan Gantung Cibeureum, penghubung dua kampung di dua kecamatan Kabupaten Sukabumi, sudah tidak dapat digunakan lagi. Tali seling sarana penghubung Kampung Bojong Kerta, Desa Kerta Mukti, Kecamatan Warungkiara dengan Kampung Cibeuruem, Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, putus pada Senin (24/8/20) pukul 01.00 Wib.

“Tali seling penyangga di bagian tengah jembatan putus saat dilintasi oleh belasan orang saat itu,” terang Kepala Desa Kertamukti, Dede Kusnadi, Kamis (27/8/20).

Kondisi jembatan sepanjang 70 meter dengan lebar 1,2 meter tersebut sebelumnya sangat menghawatirkan. Komponen yang terbuat dari besi hingga tali seling telah berkarat termakan usia.

“Saat kejadian sebanyak 11 orang warga Kampung Cibereum tengah melintas dan semuanya tercebur. Dua orang mengalami luka ringan, dua orang mengalami luka berat, yang luka berat, satu orang masih dirawat di rumah sakit Bandung, satu orang lagi mengalami patah tangan, tapi sudah dirawat ke orang ahli, sisanya Alhamdulillah selamat,” jelasnya.

Jembatan Gantung Cibereum dibangun tahun 1991. Sejauh ini, telah empat kali mengalami kerusakan seling penyangga namun tidak sampai menimbulkan korban seperti saat ini.

“Kondisi penyangga jembatan sudah lama tidak diperbaiki sehingga selingnya terlihat berkarat dan sudah rapuh. Jembatan ini dibangun dari swadaya masyarakat dua kampung ini,” terangnya.

“Harapan kami, pemerintah segera membangun kembali jembatan gantung ini. Sebab ini akses satu-satunya yang meningkatkan produktivitas masyarakat,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close