Pemerintahan

Tak Hanya Padamkan Api, Ini Tugas Lain Dinas Damkar

Sukabuminow.com || Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tak hanya memadamkan api saat tengah terjadi kebakaran.

Nandang Eka Nugraha, Sekretaris Dinas Damkar Kabupaten Sukabumi, mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan personel Damkar. Tak hanya terfokus pada pemadaman api saat terjadi kebakaran.

“Tupoksi kami berhubungan erat dengan rescue (penyelamatan),” tutur mantan Kepala Bidang Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sukabumi itu, Rabu (12/12/18).

Pohon tumbang, longsor, banjir, membersihkan sarang tawon di rumah, bahkan saat ada ular masuk rumah sekalipun merupakan tugas yang harus ditangani personel Dinas Damkar.

“Yang berhubungan dengan penyelamatan kami terlibat didalamnya,” tegasnya.

Baca Juga  :

Namun yang menjadi kendala, terang Eka, yakni keterbatasan manajemen yang dialami saat ini. Mengingat Damkar baru saja menjadi dinas di awal tahun 2018.

“Belum ada unit khusus yang bergerak di bidang penyelamatan. Sejauh ini masih gotong royong dari personel dua bidang yang ada,” bebernya.

Ia berharap, kedepan Dinas Damkar akan menjadi tipe B dengan tiga bidang di dalamnya. Tambahan bidang rescue atau penyelamatan menjadi hal yang menurutnya sangat dibutuhkan saat ini.

“Itu harapan kami. Tapi, semuanya kembali kepada kebijakan Pemerintah Daerah. Yang jelas, kami akan terus bekerja sesuai tupoksi yang telah ditetapkan,” tandasnya. (Dena)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com || Marketing : 085219906182 / 081646949947

Tags

Related Articles

Close
Close