AdvertorialKabupaten SukabumiPertanian

Tahun 2021, Ini Fokus Utama Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabsi

Reporter : Ade Firmansyah

Sukabuminow.com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi tengah serius melakukan pembangunan pertanian termasuk bidang perkebunan.

Di bidang yang saat ini belum memiliki kepala definitif tersebut, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi memiliki beberapa program yang akan menjadi fokus utama pembangunan dan pengembangan pada tahun 2021 ini.

Kepala Seksie Penatausahaan Perkebunan, Gumilar Permana, mengatakan, tahun ini pihaknya fokus pada penilaian perkebunan besar yang ada di Kabupaten Sukabumi yang kerap dilakukan setiap 3 tahun.

“Memang ada kendala dalam menjalankan program yang ada, salah satunya adalah anggaran yang terpotong untuk penanganan Covid-19. Tapi, kami masih akan fokus pada program yang masih bisa dilakukan di tengah keterbatasan seperti sekarang ini,” terang Gumilar kepada Sukabuminow.com melalui WhatsApp, Senin (8/2/21).

Selain Seksie Penatausahaan, Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi juga memiliki Seksie Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan dengan Sostenes sebagai kepala-nya. Ia mengatakan, tahun ini pihaknya memiliki kegiatan fasilitasi sarana dan prasarana pengolahan hasil komoditas perkebunan untuk komoditas kopi, kelapa, aren, pala, dan sereh. Selain itu, pihaknya berencana membentuk korporasi mandiri untuk komoditas gula semut aren dan gula semut kelapa.

“Kami juga memiliki kegiatan fasilitasi input produksi perkebunan berupa penyediaan bibit, pupuk, dan pestisida untuk komoditas kelapa, kopi, pala, sereh wangi, vanili, dan lainnya. Hanya saja memang sebagian besar kegiatan tersebut dihapus atau ditarik alokasi anggarannya oleh pusat untuk percepatan penanganan Covid-19,” jawab Enes -sapaan Sostenes- melalui pesan WA.

“Yang jelas, kegiatan akan terus berjalan sesuai rencana untuk mendukung kemajuan perkebunan di Kabupaten Sukabumi. Tapi tentu saja dengan mengedepankan program prioritas,” tandas Enes.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button