Kabupaten Sukabumi

SP Napoleon 052, Operasi Tertibkan Dokumen Kapal di Perairan Sukabumi

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Setiap lima hari dalam satu bulan, tim gabungan yang terdiri dari Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Satpolair Polres Sukabumi, Syahbandar, dan Pos TNI AL Palabuhanratu, menggelar Operasi Speed Boat Napoleon 052 di perairan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Bulan ini, operasi yang dikenal dengan nama SP Napoleon 052 tersebut digelar 22 hingga 26 Februari dengan sandi Rosalia.

“Operasi ini merupakan patroli rutin setiap bulan selama 5 hari. Tujuannya untuk mentertibkan kelengkapan dokumen-dokumen kapal di atas 5 gross tonnage itu harus punya izin dokumen, salah satunya Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) dan Izin Usaha Perikanan (IUP),” terang Ketua Tim Operasi SP Napoleon 052, Asep Suryana, Kamis (25/2/21).

Asep menjelaskan, operasional menangkap ikan bagi kapal 5 GT atau lebih, tidak bisa sembarangan. Beberapa hal perlu dilakukan sebelum kapal tersebut berangkat mencari ikan.

“Sebelum berangkat, mereka harus lapor ke pengawas perikanan untuk mendapatkan SLO (Surat Laik Operasional). Kemudian lapor ke Syahbandar perikanan untuk mendapat Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Nah, kelengkapan itu harus dimiliki,” bebernya.

Sampai saat ini, kata Asep, pihaknya belum menemukan kapal yang tidak memiliki kelengkapan dokumen. Jika ditemukan kapal yang tidak berdokumen, kapal tersebut tidak diperbolehkan melaut.

“Kami mendorong semua pemilik kapal untuk melengkapi dokumennya serta tertib perizinan dan juga tertib melaporkan setiap berangkat maupun kedatangan kapal. Sebab setiap kapal berangkat maupun datang, itu harus diperiksa,” pungkasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close