Kabupaten SukabumiKomunitas

Siaga Bencana, Ini Yang Dilakukan FKSD Kepada Santri

Sukabuminow.com || FKSD (Forum Komunikasi SAR Daerah) Kabupaten Sukabumi menggelar pelatihan mitigasi bencana dan simulasi penanggulangan bencana alam gempa bumi di Pondok Pesantren Assalam, Sukabumi.

“Kemarin di Ponpes Modern Assalaam Putri, Warungkiara. Pesertanya 750 orang pengurus dan santriwati. Hari ini di Ponpes Modern Assalaam Putra, Cibodas, Bojonggenteng dengan 500 orang peserta,” tutur Okih Fajri Assidiq, Ketua FKSD Kabupaten Sukabumi kepada Sukabuminow, Minggu (13/10/18).

Okih menjelaskan, kegiatan itu merupakan swadaya murni Ponpes Modern Assalam yang bersinergi dengan program kerja peduli untuk kemanusian dari FKSD Tahun 2018/2019.

“Tujuannya untuk membentuk masyarakat Kabupaten Sukabumi yang tanggap, tangkas, dan tangguh menghadapi bencana,” paparnya.

Kegiatan yang termasuk baru dilakukan dilingkungan Ponpes itu diisi dengan beberapa materi pelatihan mitigasi. Diantaranya pengenalan potensi bencana alam di Kabupaten Sukabumi; tanggap darurat menghadapi bencana alam gempa bumi; pembentukan Satgas Siaga Bencana Ponpes Modern Assalaam;

Kemudian assesment korban; tekhnik evakuasi darat; evakuasi di air; vertical rescue; pelaku penolong pertama atau medical first responder; self rescue; dan bongkar pasang tenda;

“Pelatihan berjalan dua sesi. Pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. Dilanjutkan pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB. Kegiatan yang sama akan digelar di SDIT Baetul Qur’an, Cipatuguran, Palabuhanratu,” tutupnya.

Editor : Andra Permana

Related Articles

Close
Close