AdvertorialKabupaten SukabumiPemerintahan

Sejuta Pesona Cisolok Nan Elok

Sukabuminow.com II Kecamatan Cisolok merupakan wilayah paling barat di Kabupaten Sukabumi yang berbatasan langsung dengan  Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Kecamatan yang dipimpin Jaenal Abidin itu menjadi salahsatu kawasan yang termasuk dalam CPUGG (Ciletuh-Palabuhanratu UNESCO Global Geopark), karena adanya warisan alam yang telah terbentuk sejak jutaan tahun lamanya, yakni Geyser Cisolok dan kehadiran tiga kampung adat yang masih terjaga kelestarian alamnya.

Luas wilayah Kecamatan Cisolok berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), mencapai 173,56 kilometer persegi. Selain berbatasan dengan Kabupaten Lebak, Provinsi Banten di sebelah barat, Cisolok juga berbatasan dengan Kecamatan Cikakak di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah barat, dan Kecamatan Kabandungan di sebelah utara.

Letak geografis Kecamatan Cisolok yang merupakan dataran tinggi dan pantai, menjadikan pertanian dan perikanan tangkap sebagai sumber utama mata pencaharian bagi 73.816 jiwa warga Kecamatan Cisolok, berdasarkan data BPS (Badan Pusat Statistik) Kabupaten Sukabumi tahun 2017 yang diterbitkan pada tahun lalu.

Luas lahan pertanian di Kecamatan Cisolok mencapai 3.085 hektare sawah dan 5.845 hektare lahan bukan sawah. Sedangkan lahan bukan pertanian yang biasa digarap warga mencapai 7.123 hektare.

Kecamatan Cisolok memiliki 13 desa. Di antaranya Pasirbaru, Cikahuripan, Cisolok, Karangpapak, Sirnaresmi, Cicadas, Cikelat, Gunung Karamat, Gunung Tanjung, Caringin, Sukarame, Wangunsari, dan Wanajaya.

Dari 73.816 jiwa penduduk, Desa Karangpapak menjadi desa terpadat dengan jumlah penduduk mencapai 7.888 jiwa. Sedangkan Desa Sukarame menjadi desa dengan penduduk paling sedikit, yakni 2.610 jiwa berdasarkan data BPS pada tahun 2017. Adapun total kepala keluarga mencapai 20.290 kepala keluarga.

Seperti dikatakan sebelumnya, sumber penghasilan utama masyarakat Kecamatan Cisolok yakni pertanian dan perikanan tangkap. Selain itu, kini masyarakat mampu mendapatkan penghasilan dari beberapa titik objek wisata andalan. Hal itu seiring ditetapkannya CPUGG di Kabupaten Sukabumi.

Objek wisata yang kerap dikunjungi banyak wisatawan terutama saat musim liburan, antara lain objek wisata Geyser di Desa Wanajaya dan Sukarame. Pantai Karanghawu di Desa Cisolok, Taman Karangpapak di Desa Karangpapak, Puncak Habibie dan Pantai Cibangban di Desa Pasirbaru, serta masih lestarinya kampung adat di Desa Sirnaresmi, yakni Kasepuhan Sinarresmi, Kasepuhan Ciptamulya, dan Kasepuhan Ciptagelar yang kerap dikunjungi wisatawan saat acara Seren Taun atau Upacara Syukuran Hasil Bumi.

Bahkan untuk Geyser Cisolok atau yang lebih dikenal dengan sebutan Cipanas, telah sejak lama dikenal masyarakat dari berbagai daerah. Selain karena keuniakannya berupa semburan air panas dari perut bumi, mandi di Geyser Cisolok atau Cipanas dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button