AdvertorialKabupaten SukabumiPariwisata

Sambut Tim Asesor Unesco, Bupati Sukabumi : Selamat Bertugas!

Sukabuminow.com || Dua orang tim asesor Unesco telah tiba di Kabupaten Sukabumi. Keduanya disambut langsung Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, didampingi Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (BP CPUGG) di Gedung Negara Pendopo Sukabumi, Rabu (15/5/22).

Kedua asesor tersebut yakni Dr. Hening Zellmer dari Jerman, dan Dr. Oliver Gulas-Wohri dari Austria. Proses revalidasi CPUGG sendiri akan berlangsung hingga 28 Mei. Seluruh geosite akan dinilai oleh keduanya sehingga menentukan status CPUGG, apakah diperpanjang atau dicabut.

“Semua aspek pembangunan kita kembangkan di CPUGG, mulai dari infrastruktur hingga SDM. Terpenting, kita tetap memerhatikan kelestarian biodiversity, geodiversity, dan cultural diversity yang dilakukan secara kolaboratif dengan melibatkan pentahelix,” tutur Marwan.

Kolaborasi dengan melibatkan pentahelix itu, kata Marwan, memberikan kemudahan terhadap penyelesaian rekomendasi Unesco bagi CPUGG. Terutama dari sisi pengembangan industri pariwisata bertaraf internasional berbasis pertanian dan lingkungan.

“CPUGG ini sejalan dengan misi kedua kami yakni, meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi berbasis agribisnis dan pariwisata berkelanjutan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Marwan mengucapkan selamat bertugas kepada tim asesor dari Unesco. Dirinya berharap, pelaksanaan revalidasi berjalan lancar.

“Kami juga berharap, Ciletuh Palabuhanratu Geopark, tetap menjadi anggota Unesco Global Geopark,” pungkasnya. (Ridwan HMS)

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Facebook Notice for EU! You need to login to view and post FB Comments!

Berita Terkait

Back to top button