Kabupaten SukabumiKriminal dan Hukum

Ribuan Ekor Benur Diamankan Polisi, Dua Tersangka Diancam Hukuman Ini

Reporter : Edo

Sukabuminow.com || Polisi kembali mengamankan ribuan ekor benur dari dua orang tersangka yang berperan sebagai staf pengepul dan sopir.

Dalam konferensi pers di Dermaga 2 Palabuhanratu, Minggu (17/10/21), Kapolres Sukabumi, AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra mengatakan, kedua tersangka ditangkap di Jalan Sartiki Surade, Kampung Sartiki, Desa Jagamukti, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jumat (15/10/21). Keduanya telah berkecimpung dalam bisnis tersebut selama dua tahun.

“Kedua tersangka berinisial H yang bertugas sebagai sopir, dan A sebagai staf pengepul benur. Mereka bukan nelayan. Benur yang kita amankan jenis pasir dan mutiara,” terang Dedy.

Ia menjelaskan, kedua tersangka menjual benur dalam periode mingguan. Sehingga dipastikan transaksi benur atau baby lobster kepada pengepul lainnya terjadi setiap minggunya kurang lebih tujuh ribu ekor dengan nilai mencapai ratusan juta rupiah.

“Mereka mendapat upah 2 juta rupiah per bulan. Barang bukti yang kita amankan 4.300 ekor benur. 4.050 ekor jenis pasir, dan sisanya jenis mutiara. Jika dirupiahkan total 64.612.500 rupiah,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka yang mendapat keuntungan dari hasil penjualan benur ke luar negeri tersebut, diancam hukuman delapan tahun penjara.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Berita Terkait

Back to top button