AdvertorialKabupaten Sukabumi

Regenerasi Tim URC, Pramuka Peduli Gelar Pelatihan

Kontributor : Yudi

Sukabuminow.com || Ratusan Anggota Pramuka dari wilayah IV Palabuhanratu, mengikuti kegiatan Pelatihan Unit Reaksi Cepat (URC), Minggu (16/20). Pembukaan kegiatan dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami, di halaman parkir Padi-Padi Resort.

Marwan yang juga menjabat Bupati Sukabumi, mengapresiasi Gerakan Pramuka Peduli yang mampu menyelenggarakan Pelatihan URC di tengah pandemi Covid-19.

 

“URC dalam Pramuka memang sangat dibutuhkan. Apalagi kita ini daerah tujuan wisata. Bukan mendoakan ada yang celaka kemudian Pramuka membantu, tapi untuk berjaga-jaga, seandainya ada kejadian kecelakaan di laut atau ada bencana alam, Pramuka bisa bergerak cepat memberikan pertolongan,” tutur Marwan.

Kendati begitu, kata Marwan, sebelum menolong orang lain, Pramuka harus membekali diri dengan keterampilan yang akan digunakan untuk menolong.

“Itulah fungsinya Pelatihan URC ini. Manfaatkan sebaik mungkin, serap segala ilmyyang disampaikan oleh para pembina. Jangan sampai terlewat. Karena akan berguna saat menolong orang lain, baik dalam kecelakaan maupun musibah,” pesannya.

Di tempat sama, Ketua Pramuka Peduli Kwartir Cabang Kabupaten Sukabumi, Prasetyo, menjelaskan, Pelatihan URC diikuti oleh 200 peserta dari wilayah IV Kabupaten Sukabumi. Sebelum di Palabuhanratu, kegiatan serupa juga digelar di Cicurug dan Cidadap.

“Pelatihan kali ini juga sebagai ajang regenerasi Tim URC Kabupaten Sukabumi. Kami akan lebih di depan membantu saat ada musibah bencana alam nantinya,” terang Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) itu.

“Kami harapkan kedepannya, Tim URC Kwartir di masing-masing wilayah akan melaksanakan latihan gabungan. Kemudian segera diberikan sartifikasi kepada yang terpilih. Karena yang menjadi anggota Tim URC ini adalah anggota Pramuka pilihan,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close