Kabupaten SukabumiPertanian

Progres Pertumbuhan Padi VUB Baik, Ira Nuryanti : Februari Dipanen

Sukabuminow.com || Tahun lalu, Kementrian Pertanian RI melepas empat benih padi varietas unggul baru (VUB). Keempatnya yakni Inpari 37, Inpari 47, Inpari 49, dan Respati. VUB tersebut telah ditanam di seluruh wilayah pertanian Kabupaten Sukabumi sebagai upaya uji coba.

Di Wilayah IV Palabuhanratu, keempat padi VUB tersebut ditanam di Kecamatan Palabuhanratu, Simpenan, dan Cisolok. Menurut Kepala UPTD Pertanian Wilayah IV Palabuhanratu, Ira Nuryanti, saat ini seluruh padi VUB tumbuh baik.

Baca Juga :

“Sejauh ini pertumbuhan keempat varietas tersebut bagus. Nanti kita akan lihat seperti apa hasil panennya awal Februari. Masa tanamnya sama, tiga bulan lebih,” ungkap Ira, Selasa (9/1/24).

Ira menjelaskan, pihaknya terus memantau pertumbuhan keempat padi VUB tersebut. Pantauan meliputi sisi adaptif, ketahanan terhadap hama, cuaca, peranakan, dan lain sebagainya. Untuk selanjutnya akan dilaporkan kembali ke Kementan RI.

“Kita akan laporkan ke Kementerian Pertanian RI sebagai dasar pertimbangan untuk mereka dalam menyalurkan bantuan benih padi. Jadi padi VUB apa yang paling bagus dan cocok di wilayah Kabupaten Sukabumi, itu yang akan disalurkan,” tegasnya.

Sementara itu untuk luas tanam keempat benih padi VUB tersebut di Wilayah IV Palabuhanratu mencapai 2 hektare. Di antaranya 0,4 hektare di Cisolok, 1,1 hektare di Palabuhanratu, dan 9,5 hektare di Simpenan. (Ade F)

Editor : Andra Permana

Berita Terkait

Back to top button