AdvertorialBisnisKabupaten Sukabumi

Produk IKM Kabupaten Sukabumi Pantas Bersaing di Asia

Reporter : Ceppy

Sukabuminow.com || Belum lama ini, sejumlah produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) asal Kabupaten Sukabumi ‘nangkring’ di Negeri Gajah Putih dalam even Festival Budaya Thailand, 7 hingga 9 Februari 2020.

Kepala Bidang ESDM dan Fasilitasi pada Dinas Perindustrian dan ESDM Kabupaten Sukabumi, Yana Chefiana, mengatakan, para pelaku IKM yang dibawa dalam even di Chang Peuh Park, Provinsi Yala, Thailand tersebut, telah memetik banyak pelajaran. Terutama terkait apa yang disukai oleh pasar mancanegara seputar IKM.

“Festival Budaya Thailand sangat bagus. Waktu itu, kami membawa banyak produk-produk IKM Kabupaten Sukabumi. Dan Ki bangga, karena produk yang kami bawa mendapat sambutan hangat dari pengunjung festival tingkat dunia itu,” tutur Yana kepada Sukabuminow.com melalui sambungan telepon, Selasa (3/3/20).

Dalam festival bertema ‘7th Melayu Day @Yala’ itu, DPESDM Kabupaten Sukabumi mengenalkan tujuh produk IKM yang merupakan binaan DPESDM Kabupaten Sukabumi. Antara lain Krispy Yummy Babeh, Piro Coffee, Hand Cuffs, The Mass3m M4n, Kahla Tempe Crispy, Ilham Art, dan G-Opak Pawon Moghes.

“Tujuan kami ikut festival itu untuk memperkenalkan produk IKM Kabupaten Sukabumi ke dunia luar agar bisa menembus pasar ekspor. Soal rasa, para pengunjung festival waktu itu, sangat menyukainya. Jelas, ini peluang bagi kami,” ujar Yana.

“Kami sudah sedikit mempelajari hal-hal menarik dan cara pemasaran dari para IKM yang juga terlibat dalam festival itu. Kita akan implementasikan di Kabupaten Sukabumi. Harapannya agar para IKM dapat lebih berkembang dan maju serta omzetnya meningkat tajam. Dan yang lebih membanggakan, ternyata produk IKM kami disukai pengunjung festival dan itu tandanya, kami mampu bersaing,” tandasnya.

Editor : Andra Permana || E-mail Redaksi : sukabuminow8@gmail.com

Tags

Related Articles

Close
Close